Ini Penyebab Infertilitas pada Wanita

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Susah hamil dapat menjadi tanda adanya gejala ketidaksuburan yang dialami suami ataupun istri, hal ini biasa disebut dengan infertilitas. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, berikut ulasannya.

Dikatakan oleh dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG, Spesialis Kandungan RS Al Irsyad Surabaya, terdapat dua jenis infertilitas, yaitu infertil primer dan infertil sekunder.

Infertil primer yaitu masalah ketidaksuburan yang terjadi pada wanita yang memang belum pernah hamil, sedangkan infertil sekunder yaitu masalah ketidaksuburan yang juga terjadi pada wanita namun sudah pernah hamil dan melahirkan sebelumnya namun sulit mendapatkan keturunan setelahnya.

Berdasarkan penelitian, masalah infertilitas kebanyakan terjadi akibat wanita. Sedangkan 35 persen penyebabnya ada pada gangguan rahim dan tuba. Karena gangguan tersebut yang paling sering terkena infeksi.

Selain itu, ia mengungkap, ada faktor lain yang dapat menjadi penyebab terjadinya infertilitas adalah beberapa kelainan yang terdapat pada organ reproduksi, seperti adanya tumor dalam kandungan, gangguan pertumbuhan sel telur, endometriosis dan lain sebagainya.

“Faktor usia dan kelebihan berat badan juga dapat menjadi penyebabnya. Penyakit sebelumnya yang dialami oleh wanita juga bisa menjadi faktor penyebab, seperti penyakit imun, diabetes, hipertensi dan kelainan tiroid,” paparnya.

Semakin bertambahnya usia, tingkat kesuburan semakin menurun, begitu pula kemampuan untuk hamil. Stres yang memicu gangguan makan atau sebaliknya berat badan yang meningkat ekstrem dapat menyebabkan infertilitas pada wanita.

Gangguan hormonal seperti gangguan kelenjar tiroid, hipofisis, adrenal, dan sindrom ovarium polikistik diketahui dapat menyebabkan terjadinya infertilitas atau kemandulan. Sebab, gangguan hormonal ini menyebabkan indung telur kesulitan untuk melepaskan sel-sel telur

Gaya hidup tidak sehat juga menjadi pemicu pada kesuburan wanita, seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Perlu diketahui pula bahwa penyebab terjadinya infertilitas tidak hanya datang dari wanita, penyebab utama adalah gabungan dari beberapa faktor (pria dan wanita) seperti disfungsi sperma, gangguan ovulasi, dan gangguan pada tuba.

Berdasarkan sebuah penelitian, masalah infertilitas yang terjadi adalah 40 persen akibat pria, 50 persen akibat wanita serta 10 persen akibat keduanya. Oleh karena itu, infertilitas tidak hanya terjadi pada wanita saja tetapi juga pria. Dengan terganggunya sistem reproduksi pria juga akan menghambat (menunda) proses sebuah kehamilan wanita.

Sehingga, untuk menghindari hal itu terjadi maka wanita dan pria harus memperhatikan kondisi kesehatan tubuhnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat