Ini Pentingnya Makan Buah Saat Puasa

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Ternyata konsumsi buah dan sayur saat puasa amat penting. Masyarakat sudah terlanjut akrab berbuka dengan makanan dan minuman seperti dawet, gorengan, kolak dan sirop. Namun para pakar menyatakan konsumsi buah tak boleh tertinggal.

“Dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan, untuk memenuhi kebutuhan cairan karena saat puasa cenderung kurang minum. Selain itu ada unsur seratnya juga biar tak susah buang air besar,” kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, konsultan saluran pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, melansir dari Detik.

Bagi pasien dengan kondisi tertentu, misalnya memiliki penyakit jantung, konsumsi buah dan sayur penting untuk mengimbangi asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Lemak jahat, terutama kolesterol, akan terserap ke dalam tubuh dan dapat tertimbun dalam lapisan dalam pembuluh darah.

Penimbunan ini jika dibiarkan lama akan menumpuk hingga akhirnya menyumbat aliran darah. Akibatnya dapat menimbulkan gangguan di sekitar penyumbatan karena sel-sel tubuh tak mendapat asupan nutrisi dan oksigen. Jika terjadi di pembuluh jantung, akan menyebabkan sakit jantung, sedangkan jika terjadi di otak akan memicu stroke.

Melansir Tempo, Rachel Olsen, spesialis nutrisi dari Youvit mengungkap bahwa saat puasa Ramadan, ada baiknya lebih banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak baik. Jenis makanan ini, kata Rachel, bisa menjadi penyeimbang dari sekian banyak makanan yang tidak terlalu baik, yang mungkin masuk ke tubuh saat puasa. 

“Makanan dengan kandungan lemak baik itu seperti alpukat, oatmeal, biji matahari, dan biji chia. Selain mengandung omega-3 yang melancarkan peredaran darah, makanan ini juga dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung dan otak,” ujarnya.

Selain itu, konsumsi buah dan sayur setiap sahur dan berbuka puasa juga cukup penting. “Karena buah dan sayur kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh,” ucap Rachel.

“Selain itu, buah dan sayur bermanfaat juga agar badan tidak mudah capek dan sakit saat puasa Ramadan. Tidak ketinggalan, buah dan sayur berguna untuk melancarkan proses defekasi (buang air besar) agar perut tidak terasa begah,” tuturnya.

Rachel merekomendasikan konsumsi buah dan sayur yang perlu ditingkatkan saat puasa Ramadan antara lain pisang, jeruk, kurma, apel, pokchoy, kangkung, wortel, dan bayam. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat