Ini Langkah Mudah Kurangi Kolesterol Usai Santap Olahan Daging Saat Lebaran

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Konsumsi makanan daging yang berlemak secara berlebihan selama Hari Raya Idul Fitri berpotensi meningkatkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, perlu adanya pola perubahan gaya hidup dibanding harus mengonsumsi obat-obatan penurun kolesterol.

Hal pertama untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh, seperti dilansir laman Mayo Clinic, yaitu dengan mengurangi asupan lemak jenuh yang biasanya terdapat di dalam daging merah dan produk susu penuh lemak setelah cukup mengonsumsi daging kurban.

Langkah berikutnya, hilangkan lemak trans dari daftar menu makanan. Lemak trans, kadang-kadang tercantum pada label makanan sebagai minyak sayur terhidrogenasi parsial.

Zat tersebut sering ditemui dalam margarin, biskuit, kerupuk, dan kue. Makanan mengandung lemak trans meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Selain itu, perbanyak konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3. Ada beberapa pilihan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, antara lain salmon, mackerel, dan walnut.

Jangan lupa, tingkatkan asupan serat larut untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Serat larut biasanya terdapat dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, apel, dan pir.

Beralih ke metode memasak yang tidak membutuhkan banyak mentega atau minyak juga dapat dilakukan.  Misalnya dengan dikukus, dipanggang, atau direbus. Tentu metode ini lebih sehat dan mengurangi lemak jenuh, daripada harus menggoreng makanan yang dapat menghancurkan beberapa kandungan vitamin dalam sayuran

Tetap rutin berolah raga setelah Iduladha juga menjadi aktivitas fisik moderat yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Ini bisa dilakukan dengan latihan fisik setidaknya 30 menit selama lima kali dalam seminggu atau aerobik selama 20 menit tiga kali seminggu.

Penambahan olahraga dengan interval pendek beberapa kali sehari juga sekaligus dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa latihan yang bisa menjadi pilihan antara lain, berjalan cepat, bersepeda, atau bermain olah raga favorit.

Hal lain yang tak kalah penting, kita juga perlu menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Sebab alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol terutama trigliserida di dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat