Ini Dia Manfaat Memanah bagi Kesehatan

Rs-alirsyadsurabaya.co.idOlahraga panahan bukan saja disunnahkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kekuatan fisik, hingga konsentrasi.

Sebagaimana hadits yang ada, olahraga memanah memang dianjurkan dalam Islam. “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim).

Pada masa Rasulullah dan khulafaur rasyidin, panah dan memanah menjadi sarana penting untuk berperang. Keahlian memanah memberi sumbangsih besar kepada kaum Muslimin dalam meraih kemenangan di berbagai medan perang.

Namun di era kini, olahraga ini mulai memudar. Padahal, memanah dapat mendatangkan sejumlah manfaat kesehatan.

Meningkatkan Konsentrasi hingga Hilangkan Tremor

Arifin, pendiri Blue Feather Archery (BFA), sebuah klub pelatihan memanah mengatakan bahwa ada perubahan pada muridnya usai rutin melakukan olahraga panahan. Menurutnya, banyak anak-anak yang konsentrasinya lebih fokus setelah berlatih panahan ini.

“Anaknya katanya tadinya susah hafalan (Al-Qur’an). Setelah ikut panahan katanya baca beberapa kali tahu-tahu hafal. Artinya menjadi lebih fokus,” ujarnya dalam laman Detik.

Bukan hanya itu, menurutnya, olahraga panahan dapat membuat anak lebih mampu mengontrol emosinya. “Contohnya pada anak hiperaktif, setelah panahan menjadi lebih terkontrol emosinya,” imbuh Arifin.

Hal yang lebih mencengangkan adalah, Arifin mengungkapkan bahwa panahan bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan tremor (gerakan tidak terkontrol).

“Pelan-pelan menggunakan busur yang makin hari makin berat, maka akan terlatih. Kalau langsung yang berat susah. Dulu ada yang mengalami tremor, sekarang Alhamdulillah hilang. Bahkan dia saat ini sudah jadi atlet panahan hingga menjangkau jarak 70 meter (jarak panahan),” tandasnya.

Begitu juga dengan Simon Ho, pelatih panahan dari Archery Club of Singapore dalam menhealth.com, bahwa memanah turut melatih daya konsentrasi dan fokus.

Hal inipun didukung oleh Tri Danang Waksito, dari Jakarta Archery Club dalam tribunnews, bahwa memanah memang dapat melatih seseorang untuk konsentrasi.

“Sebab panahan bukan olahraga yang bisa dilakukan dengan terburu-buru,” tuturnya.

Selain itu latihan disiplin juga nilai plus dari berlatih panahan, sebab seorang pemanah tidak boleh jenuh, ia harus memiliki motivasi yang sama setiap kali latihan. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat