Ini Dia Manfaat Mandi Sebelum Subuh bagi Kesehatan

rs-alirsyadsurabaya.co.id-Mandi sebelum subuh memang tidak mudah dilakukan. Cuaca yang masih dingin beserta rasa kantuk yang luar biasa hebat membuat siapa saja menjadi malas untuk mandi sebelum subuh. Namun, mandi sebelum subuh ternyata mendatangkan sejumlah manfaat.

dr. Aru W. Sudoyo, MD, pakar kesehatan dari RS Medistra menuturkan bahwa mandi di pagi buta akan membuat sistem peredaran darah membaik. Selain itu, menurutnya dalam doktersehat,com, mandi pagi buta juga dapat mengaktifkan sistem saraf untuk bekerja dengan lebih baik.

Di sisi lain, dr. Midi Hariyani dari Klinik Nusantara Kuningan juga menuturkan hal serupa. Bahwa mandi di waktu menjelang subuh dapat membuat sistem tubuh yang biasanya masih dalam mode proses metabolisme yang lambat menjadi terbangun.

“Kebiasaan ini diyakini bisa membuat kinerja jantung membaik, membuat kulit lebih sehat dan segar, hingga menjaga kestabilan suhu tubuh. Mandi di waktu subuh jelas akan membuat kantuk akan menghilang dengan segera,” paparnya.

Air di pagi buta, lanjutnya, biasanya memiliki kandungan gas O3 yang masih sangat kaya jika dibandingkan dengan air dalam kondisi matahari telah terbit. Dengan membilas tubuh dengan air yang kaya gas O3, kerja saraf, otak, hingga tulang akan menjadi jauh lebih baik.

Mengurangi Tingkat Stres

Menurut para peneliti di Department of Radiation Oncology at Virginia Commonwealth University School of Medicine dalam laman hellosehat, mandi sebelum subuh dengan air yang dingin dapat mengurangi tingkat depresi atau stress. Sebab mandi dengan air dingin di pagi hari dapat menstimulasi titik biru otak – sumber utama noradrenalin – yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi. Membiarkan air dingin masuk ke dalam kulit dan pori-pori tubuh Anda, tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga pikiran Anda.

Selain itu, mandi di pagi hari dengan air dingin ternyata dapat meningkatkan suasana hati untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Menurut survei yang dilakukan oleh Herbal Essences, dari seribu wanita yang disurvei, lebih dari 90 persen mengatakan bahwa mandi di pagi hari dapat membuat mereka lebih positif dalam menjalani hari-hari.

Dengan segudang manfaat kesehatan mandi sebelum subuh, tentunya Anda tidak ingin melewatkannya dengan tetap terlelap dalam tidur kan. Selain itu, dengan mandi sebelum subuh Anda juga dapat bersegera untuk memulai aktivitas positif sebelum pagi datang, dengan beribadah shalat subuh misalnya. (Din)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat