Ini Dia Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Tau

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Dari sisi kesehatan, ternyata bangun lebih pagi membawa manfaat yang luar biasa. Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00. Udara yang masih sejuk dan segar harusnya membuat kita tetap semangat untuk bangun pagi.

Ada banyak orang yang bekerja sampai malam hari dan tak terbiasa bangun pagi. Padahal bangun pagi memiliki beberapa manfaat tersendiri, terutama untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat bangun pagi.

Dilansir dari Forbes dan Timesof India, berikut adalah lima manfaat dari bangun lebih pagi.

Lebih mudah berolahraga

Bangun lebih pagi membuat kita lebih mudah menjadwalkan olahraga. Menurut sebuah studi dalam jurnal SLEEP 2014 yang dipaparkan pada pertemuan tahunan Associated Professional SleepSocieties, seseorang yang tidur terlalu malam sehingga jam tidurnya berkurang akan sulit untuk berolahraga.

Lebih ceria

Menurut sebuah laporan studi dari jurnal Emotion tahun 2012 disebutkan bahwa orang-orang yang bangun lebih pagi akan lebih bahagia dibandingkan mereka yang terlambat bangun. Selain itu, bangun pagi juga membuat seseorang lebih sehat sebab rutinitas hariannya menjadi lebih tertata.

Lebih proaktif

Orang-orang yang bangun lebih pagi cenderung setuju dengan pernyataan yang menunjukkan tindakan dan pikiran. Mereka cenderung berpikir, “Saya memiliki waktu yang panjang untuk mencapai tujuan. Selain itu, seperti disebutkan dalam JournalofAppliedSocialPsychology, mereka juga lebih bertanggung jawab.

Makan lebih sehat

Orang yang tidur telalu malam sehingga tak bisa bangun pagi rata-rata mengkonsumsi 248 kalori lebih banyak. Tak hanya itu, mereka juga makan dua kali lebih cepat dan mengkonsumsi buah dan sayur setengah porsi lebih sedikit dibandingkan mereka yang bangun pagi. Menurut studi dari Universitas Northwestern, Amerika Serikat, mereka juga memiliki berat badan yang kurang ideal.

Terhindar dari depresi

Sebuah studi di Jerman pada tahun 2013 menyebutkan mereka yang cenderung tidur terlalu larut dan sulit bangun pagi memiliki risiko depresi yang tinggi. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat