Ini Deretan Asupan yang Penting Dikonsumsi Setelah Vaksin COVID-19

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Setelah melakukan vaksinasi, tak hanya informasi cara mengatasi efek samping yang kerap terjadi saja yang perlu diketahui, tapi juga asupan makanan apa yang baik dikonsumsi setelah vaksinasi COVID-19.

Vaksinasi COVID-19 kerap menimbulkan reaksi atau efek samping, mulai reaksi lokal, sistemik, maupun reaksi lainnya. Selain memberikan obat tertentu yang telah dianjurkan, ada deretan daftar asupan makanan yang baiknya dikonsumsi.

Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran akan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara baik. Dengan itu, peradangan yang terjadi di dalam tubuh pun teratasi.

Makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksinasi adalah asupan vitamin C. Karenanya, dikutip dari laman Eating Well, dokter menganjurkan vitamin C dikonsumsi orang yang baru saja divaksin.

Meski belum ada penelitian komprehensif tentang kaitan antara makanan dengan efektivitas vaksin. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan memenuhi asupan vitamin C.

Konsumsi makanan yang bersifat anti inflamasi

Merasa mual setelah mendapatkan vaksin merupakan hal yang wajar. Sebab, tubuh tengah bekerja menyiapkan imunitas yang lebih kuat. Karenanya, selain makanan yang mengandung vitamin C, mengonsumsi makanan bersifat anti inflamasi juga dianjurkan setelah vaksinasi.

Sifat anti inflamasi yang ada pada makanan disebut dapat membantu tubuh kembali netral dari radikal bebas yang masuk. Makanan yang bersifat anti inflamasi misalnya minyak zaitun, minyak ikan, kacang-kacangan, rempah seperti jahe, kunyit, sayuran hijau, serta masih banyak makanan lainnya.

Makan yang cukup

Sebelum maupun setelah vaksin sebaiknya tetap menjaga porsi makan dengan jumlah yang sesuai. Mengurangi atau menambahkan porsi makan tidak akan memberikan efek yang berpengaruh pada efektivitas vaksin.

Perubahan pola makan yang signifikan justru bisa mengejutkan tubuh dan mempengaruhi imunitas. Imunitas yang terpengaruh tersebut bisa saja menjadi lemah sehingga menurunkan efektivitas vaksin.

Konsumsi sup hangat

Sup hangat dapat menjadi makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksin. Apalagi, bagi beberapa orang, salah satu efek vaksinasi adalah penurunan nafsu makan. Walaupun sebagian orang justru merasakan mengalami kenaikan nafsu makan yang sangat pesat, tetapi sangat memungkinkan adanya efek yang berbeda-beda pada setiap individu.

Sup atau kaldu yang dicampur dengan rempah-rempah akan sangat ampuh untuk mengatasi gejala yang timbul setelah vaksinasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan misalnya mengonsumsi sup atau kaldu yang telah dicampurkan dengan jahe, kunyit, maupun rempah berkhasiat lainnya.

Jangan konsumsi junk food

Pantangan makanan setelah vaksin COVID-19 adalah dengan tidak mengonsumsi junk food. Daripada mengonsumsi makanan olahan, ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan utuh seperti kacang-kacangan, ikan, sayuran, dan buah.

Hindari alkohol

Selain junk food, konsumsi alkohol juga tak dianjurkan karena dikaitkan dengan penyebab dehidrasi yang akan dialami oleh tubuh. Tak hanya dehidrasi, alkohol juga dapat mempengaruhi sistem imunitas dan respons vaksin. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat