Ini Ciri Saat Anak Butuh Bantuan Kacamata

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Kasus anak-anak bermata minus kini banyak ditemukan, namun yang terpenting adalah mengetahui kapan saat anak Anda membutuhkan bantuan kacamata.

Mata minus, silinder, dan plus bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Faktor penyebabnya pun beragam. Mulai dari genetik atau keturunan, dan kebiasaan.

Jika bunda atau ayah memiliki mata minus atau plus, maka itu bisa menurun kepada anak. Ditambah lagi, anak-anak di masa pandemi semakin sering menatap layar gadget karena sekolah daring, belum lagi jika banyak bermain di dalam rumah membuat anak banyak bermain dengan permainan gadget.

Menurut dr. Zoraya Ariefia Feranthy, SpM dalam Instagram Live, Rabu (8/4), ada cara mudah untuk mengenali seorang anak membutuhkan kacamata, yakni adalah dengan memperhatikan kebiasaannya di rumah, seperti mengucek mata atau mengernyitkan mata.

Contoh tanda paling umum bisa dilihat dari anak yang menonton TV, yakni jika anak menonton dengan jarak terlalu dekat, lalu matanya terus berkedip. Itu tanda karena setiap tidak jelas melihat, anak jadi harus memfokuskan matanya dengan berkedip. Selain itu, saat melihat sesuatu, mata anak biasanya juga akan mengernyit untuk memfokuskan penglihatan.

Tanda itu, bahkan dapat dilihat saat anak di usia balita. Saat anak bermain, ia cenderung akan mendekatkan objeknya, karena jika melihat dari jauh, anak tidak jelas melihat. Makanya penting sekali untuk memperhatikan permainan anak dengan warna kontras, agar dapat mengetahui apakah anak responsif dengan apa yang dia lihat.

Jika Anak Harus Berkacamata

Ketika mengetahui bahwa anak ternyata perlu bantuan kacamata, maka penting bagi orang tua untuk meyakinkan anak bahwa menggunakan kacamata tidak akan membuat penampilannya menjadi kurang menarik. Sebab, jika anak tidak menggunakan bantuan kacamata, maka kesehatan matanya dapat semakin memburuk.

Sikap yang salah dari orang tua biasanya adalah membatasi pemakaian kacamata karena takut ketergantungan. Padahal, jika anak tidak diberi kacamata, pertumbuhannya akan terganggu sebab minus pada mata anak semakin bertambah banyak. Justru tujuan memakai kacamata adalah menahan agar mata minus tidak bertambah.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat