Ini Cara Ampuh dan Mudah Redakan Batuk Pilek Anak

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Ketika buah hati mengalami batuk dan pilek, ibu sering kali panik. Berbagai macam cara dilakukan untuk mengobati batuk dan pilek tersebut agar si kecil kembali ceria dalam menjalankan aktivitasnya.

Sehingga, orangtua kerap memberikan obat kepada anak demi mengharapkan kesembuhan instan. Padahal terdapat efek buruk jika anak terlalu sering mengonsumsi obat.

Untuk itu, sebelum memutuskan memberi anak obat yang mengandung bahan kimia, sebaiknya orangtua menerapkan cara-cara sederhana dan alami untuk meredakan batuk dan pilek pada anak. Berikut cara ampuh redakan batuk dan pilek pada anak:

Tambah Asupan Cairan

Saat anak diserang batuk dan pilek, pastikan kebutuhan cairan mereka terpenuhi. Air membantu tubuh melawan penyakit dan menjaga jalan napas tetap lembap dan kuat. 

Melansir dari CNNIndonesia, sebaiknya anak diberi asupan cairan sekitar 0,23 liter per tahun usia mereka. Jika anak berusia dua tahun maka penuhi kebutuhan cairannya hingga sekitar 0,46 liter.

Cairan ini bisa berasal dari air susu ibu, susu formula, atau cairan dari MPASI. Usahakan mereka minum tiap satu atau dua jam, tetapi jangan dipaksa.

Tinggikan Bantal

Saat pilek, hidung rentan tersumbat. Posisi kepala anak sebaiknya dibuat lebih tinggi daripada tubuhnya, dengan menambahkan bantal untuk anak balita atau kain tambahan untuk bayi di bawah setahun. 

Cara ini tampak sederhana dan bisa juga diterapkan untuk orang dewasa. Orang tua perlu memperhatikan posisi bantal karena biasanya anak sering bergerak saat tidur. Letakkan dua bantal atau guling di kedua sisi tubuh anak agar pergerakannya tak menggeser bantal di bawah kepala dengan mudah. 

Jaga Kelembapan Ruangan

Menjaga kelembapan ruangan juga ampuh redakan batuk dan pilek anak. Pasang humidifier atau pelembap udara. Selain menangkal virus dan debu, semprotan uap dari humidifier bisa mencegah kekeringan pada jalan napas dan membantu mengencerkan lendir. 

Nyalakan humidifier di kamar anak selama mereka tidur. Bila tidak memungkinkan, tutup kamar mandi saat memandikan anak dengan air hangat. Uap air hangat juga memiliki efek melegakan jalan napas. 

Sup Ayam

Sup ayam adalah comfort food saat tak enak badan. Tak hanya buat orang dewasa, anak pun menyukainya. Sup ayam bisa memberikan anak asupan cairan dan nutrisi karena terdapat sayuran dan ayam sebagai sumber vitamin dan protein. Selain itu, mengonsumsi sup hangat bisa memberikan efek langsung untuk melegakan tenggorokan dan pernapasan.

Karena anak kadang tak nafsu makan karena tenggorokan sakit, pastikan sup matang sempurna dan tak terlalu keras. Untuk anak di bawah setahun, orangtua bisa memberikan makanan yang mudah ditelan seperti bubur. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat