Ini Berbagai Manfaat Kesehatan pada Buah Semangka

Rs-alirsyadsurabaya.co.id- Ada yang unik dari buah kesukaan Rasulullah satu ini, warnanya yang merah merona dan kaya akan cairan ternyata dapat memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu ampuh mengusir sakit kepala dan menjaga kesehatan jantung. Sejumlah studi pun dilakukan untuk membuktikan statement ini.

Menurut Universitas Purdue, buah semangka mengandung kandungan lycopene yang cukup tinggi. Kandungan tersebut efektif untuk  melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menurukan risiko penyakit jantung. Hal ini sebagaimana yang dilansir dari laman HelloSehat. Selain itu, pada buah semangka terdapat kandungan citruline dan arginine, kedua zat tersebut juga baik untuk kesehatan jantung.

Dalam studi yang dimuat dalam American Journal of Hypertension, para peneliti menyebutkan makan semangka sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko serangan jantung di musim dingin.

“Tekanan pada aorta dan jantung berkurang setelah pasien mengonsumsi ekstrak semangka,”kata Arturo Figueroa dari Florida State University.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 13 pria dan wanita yang mengalami obesitas. Mereka diberikan ekstrak semangka setiap hari selama 6 minggu. Ekstrak semangka tersebut mengandung 4 gram asam amino L-citrulline dan 2 gram L-arginine.

Ketika dibandingkan dengan orang yang mendapatkan pil plasebo, ternyata mereka yang mendapat ekstrak semangka mengalami penurunan tekanan darah dan juga stres pada jantung berkurang, bahkan pada kondisi dingin.

Ampuh Mengusir Sakit Kepala hingga Penangkal Penyakit

Sakit kepala pada umumnya disebabkan karena dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Maka pertimbangan untuk mengatasinya adalah dengan meminum banyak air dan makan asupan yang kaya akan air, semangka misalnya.

Seperti yang dilansir dari laman Step To Health, buah semangka memiliki kandungan air sebanyak 92 persen yang dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Tak hanya itu, semangka juga memiliki vitamin A, B6 dan C, serta antioksidan dan asam amino yang baik untuk tubuh.

Menurut Fitness and Wellness dalam laman womantalk, Lycopene dan komposisi tumbuhan di dalam semangka ditemukan dapat mengurangi risiko beberapa kanker, terutama yang menyangkut dengan pencernaan. Kerja Lycopene tidak hanya itu tetapi juga menurunkan kemungkinan orang memiliki penyakit jantung. Di dalam semangka juga terkandung vitamin C yang antioksidannya mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan kanker atau penyakit gusi. Asam amino dalam semangka juga mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin. Itu sebabnya buah ini bagus untuk mencegah diabetes. (Din)

One thought on “Ini Berbagai Manfaat Kesehatan pada Buah Semangka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat