Ini Beragam Manfaat Kesehatan dari Kandungan Serat pada Biji Chia

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Salah satu bahan pangan yang berasal dari tanaman Salvia hispanica yaitu chia seed atau biji chia memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, chia seed mengandung banyak nutrisi, bahkan cara mengonsumsinya pun cukup praktis, bisa digunakan untuk smoothie bowl, taburan sereal, dan salad.

Menurut Ahli Gizi RS Al Irsyad Surabaya, Anisa Wahyuningtyas Agustin, A.Md. Gz, kandungan nutrisi yang terdapat pada biji chia meliputi karbohidrat, protein, air, serat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, zat besi, magnesium, dan tembaga.

“Selain itu, biji chia juga mengandung sejumlah antioksidan kuat, seperti asam klorogenik, asam caffeic, quercetin, dan kaempferol. Senyawa antioksidan ini berperan penting dalam membantu tubuh memerangi penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker,” ujarnya.

Dalam satu porsi biji chia sebanyak 28 gram atau dua sendok, terdapat kandungan kalori 131 kkal, lemak 8,4 gram, karbohidrat 13,07 gram, serat 11,2 gram, dan protein 5,6 gram. Ada pula kandungan kalsium, fosfor, mangan, kalium, tembaga, omega-3, serta antioksidan yang penting bagi tubuh.

Dengan kandungan gizinya yang beragam, berikut ini manfaat biji chia atau chia seed untuk kesehatan tubuh:

Melancarkan Pencernaan

Chia ceed merupakan salah satu makanan tinggi serat. Dalam 1 ons chia seed terdapat 12 gram karbohidrat. Dari jumlah tersebut, 11 gram di antaranya adalah serat. Seperti dilansir dari Kompas, serat dapat memberi makan bakteri baik di usus sehingga dapat melancarkan dan menunjang kesehatan pencernaan.

Membantu Menjaga Berat Badan

Dengan adanya kandungan serat yang tinggi maka chia seed dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Chia seed juga bisa dimanfaatkan untuk diet karena termasuk jenis makanan rendah kalori. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dan asam alfa-linoleat yang tinggi dalam chia seed juga dapat membantu mengontrol berat badan.

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Kandungan serat juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga dengan mengonsumsi chia seed bisa mengurangi risiko penyakit kronis terkait peradangan seperti jantung, stroke, diabetes, kanker, dan obesitas.

Berdasarkan sejumlah penelitian, penambahan serat 10 gram setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat dan total. Selain itu, studi juga menunjukkan, serat makanan dapat memperkuat sistem daya tahan tubuh dan mengurangi peradangan.

Menunjang Kesehatan Jantung

Kandungan omega-3 dalam chia seed dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan, omega-3 dapar mengurangi risiko trombosis dan aritmia. Keduanya merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, stroke, dan kematian akibat gagal jantung.

Selain itu, omega-3 juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, kolesterol total, mengurangi plak aterosklerotik, meningkatkan fungsi endotel, dan menurunkan tekanan darah.

Chia seed memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama kandungan serat yang terdapat di dalamnya. Namun, ketika mengonsumsi sebaiknya tidak berlebihan dan dengan cara yang benar, yakni mengonsumsi chia seed setelah direndam dengan cairan atau dicampurkan dengan bahan makanan lain, sebagai antisipasi tidak tersedak bila dikonsumsi secara langsung.

Perlu diketahui, chia seed juga bisa berinteraksi dengan obat tekanan darah atau pengencer darah. Sehingga konsumsi chia seed perlu dihindari saat mengonsumsi kedua jenis obat tersebut. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat