Ini Bahaya Radiasi Ponsel bagi Ibu Hamil

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Radiasi ponsel dikenal berbahaya bagi kesehatan. Terlebih untuk ibu hamil, tentunya peringatan ini lebih ditekankan mengingat bahayanya pada janin yang ada dalam kandungan.

Para peneliti di Yale University mempelajari efek radiasi yang dihasilkan dari perangkat genggam dengan melakukan percobaan kepada tikus yang sedang hamil. Studi ini untuk menentukan mengenai kemungkinan cacat perkembangan bagi bayi yang terkena paparan radiasi ponsel cukup lama.

Pengujian dilakukan dengan cara menyiapkan dua kandang yang masing-masing berisi tikus hamil. Satu kandang ditaruh ponsel yang menyala seperti modus panggilan, sedangkan satu kandang lainnya tidak.

Setelah melakukan sejumlah penelitian, kesimpulan sementara adalah paparan radiasi pada ponsel dalam jangka tertentu ternyata dapat menyebabkan bayi yang lahir mengalami dampak negatif pada otak, dan besar terkena risiko ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

ADHD sendiri merupakan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktifitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktifitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan.”

“Kami telah menunjukkan bahwa masalah perilaku pada tikus yang menyerupai ADHD disebabkan oleh paparan ponsel dalam kandungan,” kata Hugh S. Taylor, salah satu tim peneliti.

“Kenaikan gangguan perilaku pada anak-anak manusia mungkin sebagian akibat paparan radiasi telepon selular ke janin,” paparnya, seperti dikutip dari Science Daily.

Sebenarnya tidak ada larangan untuk wanita menggunakan ponsel ketika kehamilan sedang berlangsung , akan tetapi lebih baik tidak menggunakan ponsel hingga menghabiskan waktu seharian. Sebab aakan menimbulkan resiko anak dengan masalah tingkah laku.

Apabila bayi sudah mengalami hiperaktif maka dikhawatirkan akan mengganggu proses pemahaman dan emosi di sekolahnya. Penelitian lain menunjukan adanya kemungkinan memicu kanker akibat terstimulasi dengan penggunaan ponsel pada anak-anak, terlebih jika anak sudah mulai memainkan ponsel dan menerima pengaruh buruk dari radiasinya.

Meskipun sampai saat ini masih dilakukan penelitian yang lebih lanjut terhadap pengaruh radiasi (ponsel) terhadap kesehatan. Tidak ada salahnyauntuk bijaksana dalam menggunakan ponsel. Jauhkan ponsel di bagian tubuh yang fatal ,jantung, alat reproduksi, payudara, ginjal dan lain-lain. Hingga mampu meminalisir kemungkikan terburuk dari ponsel. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat