Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Kesehatan Mata

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Bahaya polusi udara juga dapat menganggu kesehatan mata. Salah satu dampaknya, dapat menyebabkan mata kering.

Ketika seseorag sering terpapar polusi maka otomatis mata sering kali menjadi panas, berair, atau merah akibat dari paparan polusi atau debu yang masuk. Bila tak segera diatasi, maka akan menyebabkan bahaya bagi kesehetan mata.

Menurut Dokter Spesialis Mata, dr. Dianawati Koesoemowardani, Sp.M, bahaya polusi udara bagi kesehatan mata ini perlu ditangani dengan cepat sebelum menjadi serius. Menghindari paparan polusi berlebih bisa jadi cara paling efektif untuk menjaga kesehatan mata.

“Polusi udara itu bisa bahaya untuk mata, misalnya mata merah, mata kering, dan infeksi mata. Jadi perlu ditangani dengan tepat,” ujar Dokter yang melakukan praktek di Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya.

Dr. Diana menyebutkan bahwa mata kering menjadi bahaya pertama ketika seseorang terlalu sering terpapar polusi. Dampak yang ditimbulkan sama ketika seseorang menatap layar computer terlalu lama, polusi udara juga bisa menyebabkan sindrom mata kering dan mempengaruhi kornea.

“Bila sudah terkena mata kering maka akibatnya akan terjadi peradangan kornea yang menyebabkan rasa gatal dan muncul seperti sensasi terbakar di mata,” imbuhnya.

Tak hanya mata kering, sering kali bila debu masuk ke dalam mata maka mata akan menjadi merah (konjungtivitis). Biasanya konjungtivitis disebabkan karena infeksi virus atau bakteri. Namun gangguan mata ini juga bisa terjadi akibat debu dan polusi. Konjungtivitis adalah radang mata konjungtiva yang kemudian membuat mata merah dan kelopak mata membengkak.

Selanjutnya, dr. Diana menambahkan bahwa polusi udara juga bisa mengakibatkan alergi pada mata. Polusi udara yang ditangkap mata akan menyebabkan reaksi alergi, terutama pada mereka yang memiliki mata sensitif.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa bila mata mengalami sensitif maka kepekaan mata terhadap cahaya jadi meningkat. “Setiap kali melihat cahaya yang terlalu terang, maka akan muncul rasa ketidaknyamanan. Dalam beberapa kasus, kejadian ini bisa menyebabkan penglihatan jadi bura,” jelasnya.

Polusi udara yang berkelanjutan juga mampu menyebabkan infeksi dan iritasi mata. “Oleh karena itu, seseorang disarankan untuk selalu memakai sunglasses setiap kali sedang beraktivitas di luar ruangan,” lanjutnya.

Dr. Diana menyarankan agar setiap orang yang beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari bahaya polusi udara dengan menjaga kebersihan dan pola hidup yang sehat. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat