Ini Alasan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Penting Cegah Covid-19

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Banyak ahli mengimbau untuk rajin mencuci tangan dan menjaga imunitas tubuh sebagai upaya pencegahan Covid-19. Sebagaimana menurut Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan virus corona, bahkan pasien yang terinfeksi virus ini juga dapat sembuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut penjelasannya.

Wiku Adisasmito mengungkapkan, bahwa imbauan untuk menjaga imunitas tubuh kala pandemi Covid-19 bukanlah tanpa alas an. Untuk itu, masyarakat diharapkan tidak menganggap sepele hal itu.

Ia bahkan berpendapat Covid-19 bisa sembuh dengan sendirinya, karena sifatnya self limiting disease. Hal ini juga sebagaimana sempat diungkapkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Tubuh manusia, lanjutnya, mengidentifikasi virus yang masuk ke dalam tubuh sebagai musuh yang harus dilawan. Ini pun berlaku untuk virus Covid-19. Untuk itulah mengapa semua orang dianjurkan meningkatkan imunitas tubuh yang bertujuan untuk melawan virus tersebut.

Menurut Wiku, perjuangan tubuh melawan virus ini menjelaskan adanya gejala pada pasien yang terinfeksi virus corona. “Gejala semua sudah tahu, paling penting demam. Demam itu reaksi tubuh untuk melawan. Sebelum timbul antibodi, bentuknya demam,” ujarnya.

Wiku juga menyebut, selain demam, tubuh juga mulai merasakan batuk kering dan sesak napas. Gejala-gejala tersebut akan muncul sebagai upaya tubuh melawan virus yang masuk sebelum antibodi keluar.

Kemampuan antibodi melawan virus ini tergantung pada seberapa kuat imunitas yang dimiliki seseorang. “Virus ini antigen atau musuh. Dan kalau masuk ke badan akan dilawan tubuh manusia apabila antibodi cukup banyak yang muncul karena infeksi itu, maka orang itu bisa sembuh,” jelasnya dilansir dari cnnindonesia.com.

Sehingga, dengan demikian menjaga imunitas tubuh atau meningkatkan daya tahan tubuh itu sangat penting untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia. Sebab, bila imunitas menurun, maka risiko virus menyebar di dalam tubuh akan semakin meningkat dan riwayat penyakit lain yang melemahkan tubuh.

Virus corona akan mencari peluang untuk hidup dalam tubuh makhluk hidup, baik itu hewan atau manusia. Ia akan mencari tubuh yang paling rentan terinfeksi. Oleh sebab itu, sejumlah pakar mendapati penularan virus bisa dipangkas dengan memotong kontak antar makhluk hidup.

Untuk itulah mengapa menjaga jarak fisik (physical distancing) menjadi upaya penting dalam pencegahan penyebaran Covid-19 saat ini.

“Ada lima upaya yang penting diingat untuk mencegah corona, yaitu menjaga jarak, tidak berjabat tangan, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan memakai masker bagi yang sedang sakit,” tutupnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat