Ingin Kenyang Tahan Lama, Makanan Ini Cocok sebagai Menu Sahur

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Saat sahur, pemilihan menu makanan yang tepat akan membuat rasa kenyang kita bertahan lama untuk berpuasa. Beberapa makanan seperti mie dan telur diyakini dapat membuat kenyang lebih lama. Berikut penjelasannya.

Telur

Sebutir telur hanya mengandung 70 kalori, namun menyediakan lebih dari 6 gram protein, demikian menurut Shelley McGuire, PhD, juru bicara American Society for Nutrition, dilansir dari Kompas.

Menurutnya, perempuan yang mengonsumsi telur untuk makanan pertamanya cenderung akan kenyang lebih lama, kemungkinan karena protein memang bisa menahan rasa lapar. Oleh karenanya, telur dapat menjadi referensi makanan untuk menemani sahur anda.

Sup

Makanan yang mengandung banyak air juga bisa membuat rasa kenyang lebih awet. Sup misalnya, ketika kita mengonsumsi sup, kita akan mengaktifkan sinyal otak yang akan memberi informasi bahwa sudah cukup makan.

‚ÄúPilih semangkuk sup yang terbuat dari kaldu, dengan sayuran yang kaya serat seperti seledri dan bayam,” saran Amy Jamieson-Petonic, RD, pakar nutrisi dan pediatric.

Alpukat

Kemudian dilansir dari Detik, dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat akan merasa 23% lebih kenyang dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan 5 jam berikutnya, dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi buah ini.

Di samping itu, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal menemukan bahwa makan setengah buah alpukat saat makan siang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sampai sore hari.

Dalam penelitian tersebut juga dikatakan bahwa 22% wanita yang melakukan hal tersebut merasa lebih puas dan sebesar 24% merasa keinginannya menurun untuk makan setelah 3 jam daripada wanita yang tidak makan alpukat saat makan siang. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung serat sekitar 13,5 gram per buahnya.

Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang tentu baik untuk tubuh. Makanan yang tinggi serat dan kaya lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga rasa lapar akan datang lebih lama.

Oatmeal

Oatmeal dapat menjadi menu andalan anda untuk sahur. Dalam penelitian yang dipublikasikan Journal of American College of Nutrition, melansir Detik, para peneliti membandingkan dampak kenyang dari dua jenis sarapan populer, yaitu sereal dan oatmeal.

Sebanyak 48 subyek penelitian berusia 18 tahun dan di atas 18 tahun diuji selama dua hari. Mereka harus mengonsumsi sereal dan oatmeal saat sarapan.

Dengan menggunakan skala analog visual (VAS), peneliti kemudian mengukur tingkat kekenyangan subyek penelitian pada beberapa titik waktu, empat jam setelah mengonsumsi sarapan. Tingkat kelaparan, kapasitas perut, kepuasan, dan keinginan untuk makan dari subjek penelitian juga diukur.

Hasil penelitian menunjukkan, dibanding sarapan sereal, sarapan oatmeal lebih meningkatkan persepsi kenyang dan menurunkan persepsi lapar serta keinginan untuk makan.

Peneliti menyebut, hal ini disebabkan kandungan beta-glucan dari oatmeal lebih kental karena konsentrasinya lebih tinggi dan molekulnya lebih berat daripada sereal. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat