Ikuti Kebiasaan Sederhana Ini untuk Jaga Kesehatan Mental

Rsalirsyadsurabaya.co.id –  Musim pandemi menjadi musim yang membuat beberapa orang rentan stres. Perubahan yang sebegitu mendadak dapat berdampak pada kesehatan mental mereka. Namun, agar tetap menjaga mental tetap sehat ada kebiasaan sederhana yang bisa diikuti.

Kesehatan mental yang baik dapat berdampak pada segala sendi kehidupan. Mulai dari pekerjaan hingga urusan rumah tangga dapat terganggu jika tak hati-hati jaga kesehatan mental. Ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa dicontoh. Berikut adalah kebiasaan tersebut dilansir dari Fimela:

1. Tidur yang cukup

Tidur itu penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran agar daoat mengisi ulang energi. Tidur juga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi suasana hatimu. Inilah yang menyebabkan kalau kamu kurang tidur, kamu mudah badmood dan marah-marah tidak jelas. Kurang tidur juga akan memengaruhi kesehatan fisikmu.

2. Makan sehat dan olahraga

Makanan yang sehat dan olahraga ternyata dapat memengaruhi kondisi mentalmu. Dengan makan makanan sehat yang penuh nutrisi akan dapat meningkatkan kesejahteraan badan secara keseluruhan yang mengurangi kecemasan dan stres. Olahraga juga dapat meningkatkan suasana hatimu karena tubuh akan melepaskan hormon serotonin dan dopamin.

3. Katakan hal positif pada dirimu

Cara kita memperlakukan dan memandang diri kita sendiri sangat memengaruhi kondisi perasaan. Jadi, kalau kamu selalu berbicara yang positif tentang dirimu, maka kamu juga akan mendapatkan kekuatan untuk mengerjakan sesuatu secara positif. Sebaliknya, jika kamu sering berpandangan negatif tentang diri sendiri maka hal yang ada hanya rasa pesimis dan rendah diri.

4. Berbagi cerira

Menjalin hubungan yang baik dengan orang lain juga dapat melepaskan beban pikiran dan stres, salah satunya dengan cara berbagi hal yang kamu rasakan. Saat kamu memiliki masalah atau saat kamu merasa tidak nyaman dengan sesuatu, carilah orang yang kamu percaya untuk diajak berbagi cerira. Dengan berbagi cerita, kamu akan merasa lega dan setidaknya suasana hati akan menjadi lebih tenang.

5. Melakukan kebaikan

Ternyata melakukan kebaikan misalnya dengan membantu orang lain bisa menjaga kesehatan mental kita. Saat melalukan kebaikan, perasaan kita akan menjadi lebih positif dan bahagia. Sebab, saat kita melakukan kebaikan tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, yang merupakah salah satu hormon kebahagiaan. Dengang melakukan kebaikan, kamu juga akan dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat