Ibu Hamil Perlu Ekstra Mengamankan Diri dari COVID-19 dengan Vaksinasi

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Selain pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, hal yang perlu diperhatikan ibu saat hamil adalah mengenai pemeriksaan kandungan. Namun, COVID-19 menyebabkan dilema ketika berkunjung ke tenaga medis di RS. Untuk itu, ibu hamil juga perlu vaksinasi COVID-19 sebagai perlindungan ekstra di dirinya.

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan agar ibu tetap memeriksakan kehamilan di bidan atau pun dokter kandungan secara rutin. Dr. Pandu Hanindito, Sp.OG Dokter Spesialis Kandungan RS Al Irsyad Surabaya, pemeriksaan kandungan yang rutin dapat membuat ibu lebih tahu kondisi kandungan dan apa yang akan dilakukan ke depannya.

“Ibu hamil tidak perlu takut memeriksakan kandungan di fasilitas pelayanan kesehatan. Justru, dengan rutin memeriksakan kandungan, ibu akan lebih memahami kondisinya dan janin yang dikandungnya,” tegasnya.

Mengutip dari rekomendasi POGI, dr. Pandu merekomendasikan pemeriksaan kandungan pada masa pandemi sebaiknya dilakukan sebanyak enam kali.

Kemudian, dr. Pandu juga menyarankan agar ibu hamil melakukan vaksinasi COVID-19. Berdasarkan rilis terbaru dari POGI, vaksinasi COVID-19 aman untuk ibu hamil. Vaksin yang dapat diambil oleh ibu hamil adalah yang telah diizinkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Ketika memeriksakan kandungan di fasilitas pelayanan kesehatan, ibu hamil pun wajib menjaga protokol kesehatan secara ketat. Dalam rekomendasi POGI juga disarankan agar ibu membatasi pendamping. Hal ini untuk mengurangi potensi penularan yang dapat terjadi di fasilitas pelayanan kesehatan. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat