Ibu Hamil Harus Waspada Konsumsi Jenis Makanan Berikut

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Makanan sehat penting untuk memastikan perkembangan janin serta bumil yang sehat. Namun, tak semua makanan baik dikonsumsi oleh bumil. Apa sajakah konsumsi apa sajakah yang seharusnya dihindari oleh bumil?

Bumil perlu memastikan apa yang sebaiknya ia konsumsi, baik makanan maupun minuman sesuai nutrisi yang dibutuhkan. Bumil pun juga perlu memperhatikan konsumsi berikut ini demi keamanan sang ibu dan janin. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang harus mendapat perhatian lebih dari ibu hamil.

Pemanis buatan


Ibu hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung sakarin atau pemanis buatan. Ini karena sakarin diketahui dapat menembus plasenta dan tetap berada di jaringan janin.

Kafein


Batasi konsumsi kafein sebanyak 200mg per hari atau setara 2 cangkir kopi per hari. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara tingginya konsumsi kafein dengan keguguran atau berat bayi lahir rendah.

Karenanya, memperhatikan konsumsi minuman mengandung kafein seperti teh, coklat, minuman berenergi, serta soda penting dilakukan oleh bumil.

Produk Susu

Ibu hamil harus menghindari produk susu yang tidak dipasteurisasi dan susu murni yang tidak dimasak. Risiko kontaminasi toksoplasma dan listeria pada kedua produk susu ini telah dilaporkan pada beberapa kasus.

Telur


Ibu hamil harus menghindari telur mentah dalam bentuk makanan apapun. Risiko kontaminasi toksoplasma dan salmonela telah dilaporkan dan menyebabkan infeksi di dalam rahim.

Daging

Ibu hamil harus menghindari konsumsi daging yang masih mentah atau tidak matang. Selain itu, makanan siap saji yang disediakan dalam kondisi dingin harus dipanaskan sebelum dikonsumsi. Risiko terjadinya kontaminasi toksoplasma juga terjadi pada daging yang tidak matang.

Seafood

Ikan juga merupakan sumber gizi yang baik, namun beberapa rekomendasi menyarankan tidak mengkonsumsi ikan berminyak lebih dari dua porsi per minggu seperti mackarel, salmon, dan sarden. Batasi juga konsumsi ikan tuna, todak, hiu, dan beberapa jenis kerang untuk menghindari kemungkinan paparan merkuri yang dapat menyebabkan gangguan persarapan pada janin.

Sayur dan Buah

Membersihkan dengan air dan sabun tidak hanya dilakukan pada peralatan makan yang akan digunakan bumil, tapi juga seluruh buah dan sayuran yang akan dimakan. Tak lupa, bumil juga perlu mencuci tangan sebelum memegang makanan untuk menghindari kontaminasi kuman yang berbahaya baik bagi bumil maupun janin.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat