Hindari Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa dengan Cara Ini

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Sakit tenggorokan seringkali datang saat kita berpuasa. Jika hal itu terjadi, puasa yang kita lakukan akan kurang optimal. Karenanya, untuk menghindari sakit tenggorokan ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Sebenarnya, pertolongan pertama ketika terserang sakit tenggorokan berawal dari rumah. “Pertolongan pertama saat sakit tenggorokan sebetulnya bukan pergi ke dokter, melainkan dari rumah kita sendiri,” kata Jeffrey Linder, MD, dokter spesialis penyakit dalam dari Brigham and Women’s Hospital, Boston, Amerika Serikat, dikutip dari detik.

Maka dari itu, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah ketika terserang sakit tenggorokan. Berikut adalah cara untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Minum Obat Batuk

“Walaupun tidak batuk, obat batuk kering ampuh redakan rasa sakit di tenggorokan. Cara ini juga ampuh untuk mencegah sakit batuk yang dapat terjadi karena tenggorokan kering,” ungkap Linder. Kemudian, jika kita ingin meminum obat batuk saat sahur, sebaiknya cari obat batuk yang memiliki formula tanpa rasa kantuk.

Demikian dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas di pagi harinya. Berbeda ketika kita mengonsumsi obat ini ketika berbuka, lebih baik pilih obat yang memiliki formula yang dapat menyebabkan kantuk. Karena, ini akan sangat membantu istirahat kita di malam hari.

Kurangi Gorengan dan Perbanyak Minum Air

Gorengan adalah musuh utama yang menyebabkan sakit tenggorokan. Kurangi atau bahkan berhenti makan gorengan dapat membantu menghindari Anda terserang sakit tenggorokan. Perbanyaklah minum air saat buka, sahur, dan malam hari. Lebih baik lagi jika Anda meminum air hangat.

“Tentunya air adalah pengganti cairan tubuh yang paling tepat, serta mengurangi iritasi berlebih pada tenggorokan,” katanya.

Makan Sup

Daripada memakan gorengan yang kurang baik untuk tubuh, mulai sekarang beralihlah makan sup ketika berbuka ataupun sahur. Sup ayam terutamanya, memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dapat membantu melawan infeksi yang terjadi di tenggorokan.

“Sodium yang terdapat pada garam dan kaldu memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan,” papar John A. McDougall, MD, pakar nutrisi dari Amerika Serikat.

Beristirahat

Istirahat adalah cara paling mudah sekaligus tanpa biaya, serta ringan untuk mengatasi penyakit seperti sakit tenggorokan. Usahakan rehat sebentar saat siang hari dan tidur cukup saat malam hari. “Memastikan tubuh Anda beristirahat dengan baik dapat membantu melawan virus dan penyakit yang ada dalam tubuh terutama saat Anda sedang sakit,” pungkas McDougall.

Berkumur Air Garam

Saat berbuka ataupun sahur, cobalah untuk meminum air hangat terlebih dahulu. Baru kemudian, berkumurlah dengan air garam hangat. Beberapa penelitian membuktikan bahwa berkumur beberapa kali dengan air garam hangat, dapat membantu mengurangi pembengkakan di tenggorokan, serta membantu meredakan iritasi karena bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan.

“Cobalah mencampurkan sesendok teh garam dan satu gelas air hangat. Jika dirasa asinnya mengganggu, coba tambahkan sedikit madu, dan berkumurlah,” jelas Linder.

Berpuasa bisa jadi tidak optimal ketika kita terserang penyakit. Jika sakit tenggorokan mulai menyerang Anda, hal sederhana di atas dapat dilakukan. Dan Anda pun dapat berpuasa seharian penuh dengan optimal dan beraktivitas kembali seperti biasa.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat