Hindari Penggunaan Ponsel di Toilet dapat Cegah Infeksi Penyakit

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Ponsel dapat dikatakan sebagai sarang dari virus dan bakteri penyebab infeksi penyakit. Jika ponsel tersebut dibawa ke toilet yang juga sarang dari virus dan bakteri, maka risiko manusia terinfeksi akan meningkat. Oleh karenanya, ponsel disarankan untuk tidak dibawa ke toilet.

Tak seperti kelihatannya, kebiasaan membawa ponsel ke toilet bisa membuat bakteri bermigrasi ke ponsel Anda. Bakteri di toilet dan permukaan sekitarnya, seperti pegangan flush, tempat toilet roll, bahkan pintu toilet, bisa berpindah ke tangan dan ponsel.

Banyak ahli yang sepakat untuk menyarankan orang-orang tidak membawa ponsel mereka ke toilet. Karena, ada potensi perpindahan bakteri serta virus toilet di ponsel yang dibawa. Pada akhirnya, bakteri atau virus tersebut dapat masuk ke mulut, mata, atau hidung manusia. Bakteri yang ada di toilet pun beragam, dari Norovirus hingga Salmonella.

Meski tangan telah dicuci dengan sabun dan air mengalir, namun virus tersebut sudah terlanjut menempel di ponsel. Maka dari itu, hal kecil ini berbahaya dan acapkali dilupakan banyak orang. Jika Anda orang yang kepalang sibuk, ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika membawa ponsel ke toilet.

Peganglah ponsel tersebut dengan satu tangan Anda dan jangan biarkan tangan tersebut menyentuh permukaan apapun. Kemudian, gunakan tangan satunya untuk membersihkan diri. Setelah digunakan, cuci kedua tangan Anda dengan sabun dan air mengalir.

Kemudian, jika terpaksa memerlukan bantuan tangan lain untuk melakukan sesuatu, pastikan lapisi dulu permukaan yang hendak disentuh dengan tisu. Setelah selesai di toilet, simpan ponsel di saku dan gunakan alkohol atau pun pembersih khusus ponsel.

Untuk menghindari penyebaran bakteri, maka bijaklah menggunakan ponsel Anda di tempat yang memang seharusnya digunakan. Hindari membawa ponsel ke toilet untuk memperkecil risiko terjadinya penularan penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan.

“Ponsel genggam itu sarang bakteri. Karena, kita sering menyentuh benda tersebut tanpa cuci tangan. Maka, upayakan sebelum memegang benda selain ponsel, cucilah tangan hingga bersih,” tutur dr. Chaerul Effendi, Sp.PD-KAI, FINASIM, pakar penyakit dalam RS Al Irsyad.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat