Hindari Makan Buah Ini bagi Penderita Diabetes

Rs-alirsyadsurabayaa.co.id-Buah menjadi sumber mikronutrisi yang tak kalah penting untuk dikonsumsi. Namun, bagi penderita diabetes dianjutkan tidak sembarangan konsumsi buah. Karena, ada beberapa buah yang memang tidak baik bagi orang dengan diabetes.

Buah memiliki beragam manfaat jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk mengonsumsi buah sebanyak 5 porsi atau 400 gram buah dan sayuran per hari.

Namun, bagi pemilik diabetes dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah yang terlalu manis. Karena, ini bertujuan untuk menjaga kadar gula darahnya agar tidak melonjak. Dilansir dari tribunnews, ada beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi.

Durian

Lembut buahnya nan manis. Meski begitu, durian berbahaya jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Dipaparkan oleh dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD, Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) bahwa satu biji buah durian sama dengan sepiring nasi.

Ini berarti durian memiliki kandungan gula dan tinggi kalori. Karenanya, buah ini tidak baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

“Pokoknya kalau diabetes hindari buah yang terlalu manis, karena kalorinya tinggi. Misalnya durian, satu biji durian itu sama dengan sepiring nasi. Enggak, bagus untuk orang diabetes,” pungkasnya.

Anggur

Anggur juga menjadi buah yang wajib dihindari bagi penderita diabetes. Anggur adalah buah yang kaya karbohidrat. Ini berarti jika anggur dikonsumsi akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Dengan kandungan tersebut, tubuh akan memecahnya menjadi gula, lemak, dan serat.

Namun, jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Anggur pun akan memberi manfaat. Buah ini kaya akan antioksidan dan bisa membantu memperbaiki kerusakan karena radikal bebas.

Buah Ceri

Ceri adalah buah yang manis, kecil dan menggoda. Umumnya, satu buah kecil tidak akan cukup untuk dimakan. Maka sebagian orang bisa saja memakan segenggam buah ceri. Inilah yang menyebabkan gula darah melonjak.

Meski begitu, ceri jika juga dikonsumsi dengan benar memiliki fungsi anti inflamasi. Fungsi ini untuk melindungi otot dari peradangan dan nyeri.

Mangga

Mangga berukuran sedang mengandung 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Dengan kandungan yang demikian tinggi, penderita diabetes, konsumsilah hanya setengah buah dan pilihlah yang tidak terlalu matang.

Mangga juga memiliki kandungan vitamin A, K, E, dan B. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Asal dikonsumsi dengan pas, buah mendatangkan manfaat, meski bagi penderita diabetes sekalipun.

Dengan begitu, bukan berarti buah ini harus benar-benar dihindari. Hanya saja, perlu dikonsumsi dengan porsi yang pas agar mendapatkan ragam manfaatnya.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat