Hindari Gangguan Kesehatan Anak Akibat Parasit Tungau dengan Terapkan Kebersihan Tempat Tidur

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Kerap kali, bantal dan kasur yang hangat dan lembab akan dihuni oleh hewan kecil bernama tungau. Hewan kecil bertungkai delapan ini sering menjadi gangguan bagi manusia hingga timbulkan rasa gata-gatal. Untuk menghindari hal itu, maka perlu diterapkan kebersihan tempat tidur setiap hari.

Tungau tak hanya mengganggu tempat tidur manusia. Ia juga merupakan parasit bagi mahluk hidup lainnya seperti mamalia atau serangga karena ukuran tubuhnya yang sangat kecil. Bahkan dapat hidup di tubuh manusia yang berpindah dari kasur atau bantal.

Mereka akan menempel pada area hidung, kulit mati, bulu mata, alis, atau kulit kepala yang dapat menjadi tempat makhluk kecil ini untuk tumbuh. Tungau yang biasa hidup pada tubuh manusia ini terdapat sekitar 65 spesies yang dikenal dengan tungau demodex.

dr. Nurita Alami Dwi Wijayanti, Sp.A, Dokter Spesialis Anak di Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya menuturkan bahwa parasit tungau memang sering ditemukan di kasur. Bagi anak-anak yang memiliki alergi, maka terkadang akan menimbulkan keluhan, yang berasal dari kotoran tungau.

“Jadi binatang ini kecil dan tidak kelihatan ya, sering kali pada anak-anak yang memang memiliki alergi terkadang menimbulkan keluhan, yaitu yang berasal dari kotorannya,” ujarnya.

Jika anak sudah mengalami alergi, maka akan menimbulkan gatal-gatal serta mengganggu saluran pernapasan. “Pada anak-anak yang alergi biasanya bisa muncul asma, dari yang ringan keluhannya seperti batuk terus menerus belangsung selama satu hingga dua minggu. Sedangkan bila asma berat bisa disertai dengan sesak napas,” jelasnya.

Jika sudah sesak napas dan tak segera ditangani dengan tepat, dr. Nurita menuturkan akan terdapat dampak yang terjadi seperti dahak akan menumpuk di paru-paru sehingga menimbulkan komplikasi pneumonia atau radang paru.

Oleh sebab itu, dr. Nurita menyarankan agar setiap orang harus rajin dalam membersihkan kasur, bantal dan guling, bahkan jika perlu sesekali dijemur.

“Sebaiknya jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat-tempat hidupnya tungau, seperti kasur dan bantal atau guling. Jaga kondisi ruangan agar tidak terlalu lembap dan mendapat sinar matahari secara langsung. Selain itu, pada anak-anak yang sensitif atau alergi sebaiknya tidak menggunakan bahan yang berbahan dasar kapuk, baik untuk kasurnya atau bantal dan guling,” tutupnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat