Hidup Bersih Ala Rasulullah, Ampuh Cegah Meningitis

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Cara mencuci tangan yang baik telah diajarkan oleh Rasulullah jauh sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan modern, yaitu dengan menyela jari-jari. Hal semacam ini, ternyata bisa mencegah Meningitis

Hal tersebut telah dibuktikan oleh para ahli ilmu kesehatan modern bahwa menyela jari-jari mampu menghilangkan kotoran, bakteri, serta virus yang menempel di tangan. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering melakukan kontak dengan lingkungan luar, Sehingga bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit dengan mudahnya hinggap di tangan seseorang, dan masuk ke dalam tubuh melalui mulut bersamaan dengan makanan yang kita makan.

Sesuai dengan Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Laqith bin Shabrah, katanya, “Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudhu?’” Nabi berkata, “Sempurnakan wudhu-mu, dan sela-selalah antara jari-jemarimu, dan bersungguh sungguhlah dalam memasukkan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa.” (Diriwayatkan oleh lima imam, dishahihkan oleh Tirmidzi).

Meningitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri, yang menyebabkan peradangan di selaput sekitar otak dan sum-sum tulang belakang (meninges). Dalam beberapa kasus penyakit ini sering disebabkan oleh virus, tetapi dalam beberapa kasus dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur. Oleh karenanya, gaya hidup bersih harus diterapkan.

Jika infeksi disebabkan oleh virus, beberapa jenis virus penyebab meningitis adalah: virus influenza, virus herpes simplex, virus varicella zoster, virus West Nile, virus limfositik koriomeningitis, dan virus campak (mumps dan measles).

Dan jika penyebab infeksi meningitis adalah bakteri, bakteri tersebut termasuk: Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniac, Listeria monocytogenes, Escherichia coli, Klebsiella sp., Streptococcus grup B. Bakteri menyebar melalui pernapasan dan sekresi tenggorokan (batuk, berciuman).

Seperti yang telah diketahui, bahwa sebagian besar penyakit pasti bersumber dari virus dan bakteri, hal ini juga termasuk penyakit Meningitis. Untuk itu, upaya pencegahan harus selalu dilakukan agar tubuh tetap sehat dan tidak terserang penyakit tersebut. Bukankah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati?

Menurut dr. Kevin Adrian salah seorang tim dokter alodokter.com,Infeksi virus dan bakteri menular dengan cara yang sama, yaitu melalui udara, makanan atau minuman yang terkontaminasi, bersentuhan dengan cairan darah orang sakit, dan bersentuhan dengan benda-benda yang tidak steril. Sehingga pola hidup sehat seperti rajin mencuci tangan dapat dilakukan sebagai pencegahan infeksi virus maupun bakteri yang menyebabkan penyakit,” katanya. (nda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat