Hati-Hati! Sering Menguap Bisa Menjadi Tanda Penyakit Berbahaya

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Normalnya, seseorang akan menguap pada saat mengantuk dan kekurangan tidur. Namun, jika dalam sehari seseorang sangat sering menguap, kondisi tersebut menurut para ahli ternyata dapat menjadi tanda penyakit berbahaya.

Berbagai penyakit yang mungkin diderita oleh seseorang yang sering menguap (berlebihan) yaitu tumor otak, epilepsi, multiple sclerosis, stroke, gagal hati, atau sinkop vasovagal (mudah pingsan).

Hal ini sebagaimana yang dikatakan salah satu tim alodokter dr. Kevin Adrian menyarankan “Jika seseorang mengalami kondisi dimana dirinya sering menguap (berlebihan), maka sebaiknya ia mengonsultasikan kondisinya kepada dokter,” sarannya.

Setelahnya, ia melanjutkan, berbagai pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang akan dilakukan oleh dokter. Pertama, mungkin dokter akan menanyakan seputar kebiasaan tidur seseorang tersebut untuk mengetahui apakah kebutuhan tidurnya tercukupi atau tidak.

Kemudian, jika dibutuhkan dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti elektroensefalogram (EEG). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas listrik pada otak. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyakit dalam otak seperti tumor atau penyakit otak lainnya.

 “Untuk mengetahui, kondisi kondisi penyakit seperti struktur tubuh, jaringan otak, tulang belakang, atau jantung, pemindaian MRI akan dilakukan. Sedangan untuk mengetahui aoakah seseorang mengidap sinkop vasovagal, mungkin jika perlukan seseorang akan disarankan melakukan tes darah, elektrokardiogram (EKG), atau ekokardiogram,” pungkasnya

Di sisi lain, dilansir dari kompas.com,tekanan darah rendah juga dapat mengakibatkan seseorang sering menguap. Hal ini dikarenakan orang-orang yang memiliki tekanan darah rendah dengan tekanan darah 90/60 mmHg membuat otak seseorang akan kekurangan pasokan oksien dalam darah. Akibatnya orang tersebut akan merasa pusing, lelah, dan sering menguap.

Hal tersebut dikutip dari tulisan berjudul Body Sign, How to Be Your Own Diasnotic Detective yang ditulis oleh John Liebmann-Smith, Ph.D., dan Jacqueline Nardi Egan. Yang juga menyebutkan bahwa selain akibat suatu kondisi penyakit tertentu, menguap berlebihan juga dapat terjadi pada seseorang yang mengonsumsi antidepresan seperti paroxetine (paxil) dan setraline (zoloft).

Dari sisi pandangan Islam, Rasulullah sendiri telah menyarankan seseorang untuk menangkal sebisanya, Rasulullah bersabda bersabda yang artinya ““Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap, bila salah seorang dari kalian bersin lalu mengucapkan; “ALHAMDULILLAAH, ” wajib bagi yang mendengarnya untuk mengucapkan; “YARHAMUKALAAH, ” sedangkan uapan, bila salah seorang dari kalian menguap, hendaklah ia menangkal sebisanya dan jangan sampai mengucapkan; “aah, aah, ” karena hal itu dari setan, ia akan menertawakannya,” HR. Bukhari. (nda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat