Hand Sanitizer, Terbukti Lebih Efektif Bunuh Kuman

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Menjaga kebersihan tangan kini lebih mudah dengan adanya hand sanitizer. Di samping penggunaannya yang sangat praktis, ternyata hand sanitizer juga terbukti lebih efektif bunuh kuman dibanding sabun cuci tangan biasa.

Hand sanitizer memang lebih praktis untuk digunakan, karena tidak membutuhkan air untuk membilas tangan seperti halnya sabun cuci tangan. Di sisi lain, hand sanitizer dengan kemasan yang mungil membuat kita lebih mudah membawanya kemana pun. Beberapa riset membuktikan kandungan dalam hand sanitizer terbukti sangat efektif bunuh kuman.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics ini meneliti hubungan cara anak-anak membersihkan tangan dengan kesehatan mereka, dilansir dari CNN.

Peneliti mempelajari 911 anak-anak berusia di atas 3 tahun yang ada di pusat penitipan anak di Almeria, Spanyol.

Hasilnya, peneliti menemukan anak-anak yang membersihkan tangan dengan sanitizer mengalami infeksi pernapasan dan diresepken antibiotik lebih sedikit ketimbang yang menggunakan sabun dan air. Mereka juga lebih sedikit tak masuk sekolah dibanding anak-anak yang mencuci tangan dengan sabun dan air.

Selama delapan bulan penelitian, ditemukan anak-anak yang mencuci tangan dengan sanitzer hanya absen sebanyak 3,25 persen hari. Sedangkan yang menggunakan air dan sabun absen lebih banyak yakni 3,9 persen hari. Anak-anak yang mencuci tangan sekadarnya bahkan absen sebanyak 4,2 persen hari.

Peneliti juga menemukan anak-anak yang mencuci tangan dengan air dan sabun memiliki risiko 21 persen lebih tinggi terkena infeksi saluran pernapasan seperti hidung meler, tersumbat, batuk dan sakit tenggorokan.

Mereka juga 31 persen lebih mungkin diberi obat antibiotik dibandingkan anak-anak yang memakai hand sanitizer.

Berbahaya Bila Air Saja

Namun di sisi lain, bila tak ada hand sanitizer, maka tak mengapa menggunakan sabun cuci tangan ataupun sabun mandi. Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dr Kuntjoro Adi Purjanto, MKes, dikutip dari Detik, mengatakan bahwa yang lebih berbahaya adalah bila memebersihkan tangan dengan air saja.

“Cuci tangan dengan air saja itu ngeri. Sabun itu pembersihnya. Saya sendiri meyakini orang yang mau operasi itu setelah membersihkan tangan pakai alkohol, juga mencuci tangan menggunakan sabun. Itu satu bukti bahwa secara evidence base dapat menyebabkan penyakit. Penularan tertinggi penyakit karena infeksi itu berasal dari tangan,” paparnya.

Perhatikan Cara dan Waktunya

Mencuci tangan baik dengan hand santizer ataupun sabun, haruslah memperhatikan cara dan waktu yang tepat.

Mencuci tangan yang tepat adalah mencuci tangan ke seluruh baian telapak tangan. Baik bagian telapak tangan, membersihkan sela-sela jari, punggung tangan, dan kuku.

dr Kuntjoro mengatakan bahwa mencuci tangan sebaiknya dilakukan pada waktu-waktu berikut. Sebelum dan setelah makan, setelah buang air kecil atau besar di toilet, dan sebelum tidur (termasuk disertai mencuci kaki). (Din)

Hand Sanitizer, Terbukti Lebih Efektif Bunuh Kuman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat