Gunakan Form Terstandardisasi FIFA, RS Al Irsyad Surabaya Terima Cek Kesehatan Berkala untuk Para Atlet Sepak Bola

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Sabtu (15/02) lalu, RS Al Irsyad Surabaya (RSAI) melayani pemeriksaan kesehatan berkala bagi para atlet sepak bola dari Madura United. Selain form pemeriksaan kesehatan berkala sesuai standar RS, khusus bagi atlet sepak bola, RSAI juga menggunakan form pemeriksaan kesehatan terstandarisasi FIFA.

Sebanyak 30 orang atlet datang ke RSAI untuk melakukan pemeriksaan kesehatan berkala. Hal ini dilakukan sebagai syarat utama mendaftar ke Liga Indonesia.

“Pemeriksaan ini diadakan untuk mendaftarkan tim ke Liga Indonesia dan mendaftarkan pemain ke AFC. Ini salah satu syarat sah atau tidaknya pemain, untuk seluruh tim di Indonesia, hasil medical check up wajib dilampirkan,” ungkap dr. Heri Siswanto selaku dokter tim Madura United.

Dalam pelaksanaannya, RSAI selain menggunakan form yang sesuai standar RS, juga menggunakan form yang telah terstandar oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA). “Kami telah menggunakan form khusus yang telah terstandar dari FIFA,” kata dr. Salim Ubaid, Manajer Pelayanan Medis RS Al Irsyad Surabaya.

Setelah form ini diisi sesuai dengan hasil pemeriksaan, pihak RS akan langsung mengirimkan ke FIFA pusat. Ini dimaksudkan agar hasil pemeriksaan para atlet sepak bola Indonesia tercatat dan terdokumentasi secara internasional.

Pemeriksaan Kesehatan Atlet Lebih Detail

Kemudian, untuk proses pemeriksaan kesehatan kata dr. Salim, jelas berbeda. Pemeriksaan bagi para atlet lebih komprehensif. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan fisik, pemeriksaan rekam jantung, dan pemeriksaan laboratorium. Jika memang dibutuhkan, pemeriksaan jantung dengan echocardiography juga tersedia di sini.

“Istilahnya USG jantung. Pemeriksaan ini lebih membaca struktur jantung, ketebalan tiap katup jantung, ada tidaknya kebocoran di jantung, ya dengan echocardiography ini,” tutur pria yang juga berpraktik di RS Al Irsyad itu.

Selain itu, MCU yang dilakukan bagi para atlet biasanya akan memeriksa kadar elektrolit dalam tubuh mereka. Hal ini dibutuhkan dan harus dipantau agar kadarnya seimbang dalam tubuh. Menurut dr. Salim, elektrolit tubuh sangat berperan penting untuk aktivitas fisik.

“Elektrolit ini penting untuk kegiatan fisik seperti lari. Kalau pemain bola kan dia butuh sekali elektrolit untuk mendukung performanya,” katanya.

Waktu yang dibutuhkan bagi para atlet Madura United dalam menjalani pemeriksaan kesehatan ini hanya 15-20 menit. Ini jika kondisinya tidak membutuhkan pemeriksaan jantung lebih lanjut dengan echocardiography.
Untuk mendaftar pelayanan pemeriksaan kesehatan ini pun tidak rumit. Salah satu wakil dari klub atau tim olahraga cukup melakukan konfirmasi dengan pihak RS.

“Bisa langsung datang saja ke sini atau telepon terlebih dahulu, karena kami sudah cukup berpengalaman dalam hal ini,” tegas dr. Salim dengan mantap. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat