Gosok Gigi SebelumTidur Cegah Karies Gigi pada Anak

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Hasil pemeriksaan lalu, 70 persen siswa dari PG-TK Al Irsyad dinyatakan memiliki kesehatan gigi yang baik, dan 30 persen bermasalah. Masalah tersebut kebanyakan berupa karies pada gigi. Seperti apa itu karies pada gigi? Apa Penyebabnya? Dan bagaimana cara mempertahankan kesehatan gigi yang sudah baik?

Drg. Afiati, dokter gigi dari RS Al Irsyad Surabaya yang bertugas memeriksa kesehatan gigi siswa PG-TK Al Irsyad Surabaya mengatakan bahwa karies gigi menjadi masalah yang kerap terjadi pada anak anak dan wajib diperhatikan sejak dini.

Karies gigi adalah kerusakan yang terjadi pada jaringan keras gigi karena aktivitas bakteri dalam plak. Dokter Afiati mengatakan, salah satu penyebabnya adalah tidak menggosok gigi setelah makan, khususnya sebelum tidur. Sehingga memicu plak pada gigi dan memudahkan bakteri menempel pada plak yang berujung kerusakan pada gigi.

“Apalagi kalo makan makanan manis, setelah itu tidak menggosok gigi,” timpalnya.

Makan makanan manis, lanjutnya, bukanlah hal yang dilarang untuk anak-anak. Apalagi zat gula memang dibutuhkan untuk anak. Hanya saja harus dibatasi sehingga tidak berlebihan. Hal yang lebih penting adalah menggosok gigi setelah makan makanan apapun.

“Kita tidak bisa melarang anak makan makanan manis, apalagi itu juga diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Namun harus dibatasi, juga rutin dibersihkan (menggosok gigi) setelah makan,” imbuhnya.

Penyebab lainnya dari karies gigi menurut Dokter Afiati adalah kebiasaan menyusu dengan botol. Kebiasaan anak minum susu dengan botol hingga tertidur bukanlah kebiasaan baik. Karena sisa susu atau minuman manis lainnya pada botol susu (dot) dapat melekat pada gigi anak selama ia tidur dan dapat membentuk plak serta bakteri.

Mempertahankan Kesehatan Gigi

Untuk mempertahankan kesehatan gigi, anak-anak wajib diajarkan untuk senang melakukan kontrol ke dokter gigi tiap enam bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya masalah gigi, dan mempertahankan kesehatan gigi yang sudah baik.

“Orangtua diharapkan membantu anak untuk membudayakan sikat gigi sebelum tidur. Sehingga ketika dewasa kebiasaan itu akan tetap dilakukan sang anak. Lakukan dan ajarkan sampai anak merasa tidak enak bila belum gosok gigi menjelang tidur,” tegas Dokter Afiati.

Kontrol gigi enam bulan sekali dan gosok gigi menjelang tidur, lanjutnya, adalah dua hal yang ampuh mempertahankan kesehatan gigi dan mencegah munculnya masalah-masalah pada gigi. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat