Fitur Mode Gelap pada Smartphone Baik untuk Kesehatan Mata, Benarkah?

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Salah satu kecanggihan smartphone saat ini adalah adanya fitur dark mode atau mode gelap, yang akan membuat tampilan layar berlatar belakang gelap. Fitur ini dimaksudkan untuk mengurangi paparan cahaya biru yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan mata.

Fitur mode gelap dimaksudkan untuk mengurangi paparan cahaya biru dan membantu mengatasi ketegangan mata yang muncul, jika kita melihat layar dalam waktu lama. Namun, benarkah fungsi dark mode atau mode gelap dapat ‘menyelamatkan’ mata kita?

Dilansir Healthline, Rabu (7/4) studi tentang apakah mode gelap dan blue light filtering bekerja untuk mengurangi paparan cahaya biru sebenarnya tidak meyakinkan. Tapi, tampaknya mode gelap lebih berfungsi untuk memengaruhi ritme tidur daripada ketegangan mata. Beberapa penelitian telah dilakukan secara khusus, tentang dampak mode gelap pada kemampuan orang untuk tertidur.

Studi tahun 2019 tentang pengaturan mode gelap pada merek smartphone Apple, tidak menunjukkan perbedaan mencolok dalam produksi melatonin antara orang yang menggunakan mode ‘Night Shift’ di iPad mereka sebelum tidur dengan orang yang tidak.

Lalu penelitian selanjutnya menyebutkan bahwa Night Shift saja tidak akan cukup untuk memulihkan ritme sirkadian, sementara menurunkan setelan kecerahan perangkat tampaknya sama saja dengan mode ini.

Namun, American Academy of Ophthalmology (AAO), secara resmi merekomendasikan pengurangan silau dan kecerahan layar smartphone dengan cara mengubah pengaturan pada layar Anda dan mengatur perangkat ke dark mode atau night shift.

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa mungkin ada hubungan antara blue light atau cahaya biru dengan seberapa cepat Anda dapat tertidur. Sebuah studi kecil yang diterbitkan pada tahun 2017 mengungkap, bermain game di ponsel tepat sebelum tidur menyebabkan orang membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dibandingkan dengan mereka yang menggunakan blue light filtering di perangkat mereka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat