Fasilitas USG 4 Dimensi di RS Al Irsyad Surabaya: Harga dan Kegunaannya

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Pemeriksaan USG 4D telah menjadi tindakan medis yang lazim dilakukan ibu hamil untuk memeriksa kandungannya. RS Al Irsyad Surabaya pun juga menyediakan layanan USG 4D ini dengan harga terjangkau, dan fasilitas serta dokter yang mumpuni di bidangnya.

Pemeriksaan Ultrasonografi 4 dimensi (USG 4D) menjadi versi terbaru dalam pemeriksaan kandungan dengan menggunakan teknologi gelombang suara untuk menghasilkan gambar dari dalam tubuh.

Dokter Spesialis Kandungan RS Al Irsyad Surabaya, dr. Amir Fahad, Sp.OG menyampaikan bahwa perbedaan utama antara USG 4D dan USG 3D adalah terletak pada hasil USG. Jika hasil pemeriksaan USG 3D berupa gambar, sedangkan USG 4D berbentuk video atau gambar janin yang bergerak.

Bagi ibu hamil, lanjutnya, pemeriksaan USG 4D dapat membantu dokter mendiagnosis masalah kandungan, mencari penyebabnya dan menentukan tindakan yang sesuai. Selain itu, pemeriksaan ini juga berperan dalam diagnosis masalah kesehatan lain, misalnya untuk mendeteksi penyebab rasa sakit, pembengkakan, atau infeksi pada organ tubuh ibu hamil.

“USG 4D ini untuk mengetahui wajah bayi pertama kali dalam kandungan,” ujarnya.

Mayoritas dokter akan menyarankan pemeriksaan USG 4D yang optimal dilakukan pada saat usia kehamilan mulai memasuki minggu ke-26 hingga minggu ke-30. Sebelum usia kehamilan mencapai minggu ke-26, pemeriksaan USG 4D menjadi tidak optimal.

Hal ini dikarenakan sebelum memasuki usia kehamilan ke-26, janin belum memiliki banyak lemak. Selain itu juga dapat mempengaruhi kualitas gambar gerak bayi yang akan dipindai ke layar monitor.

Sementara itu, di RS Al Irsyad telah tersedia USG 4D dengan dua manfaat yang berbeda. Pertama USG 4D untuk show, yakni menunjukkan wajah dan jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) jabang bayi dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp375 ribu (tanpa print/cetak foto). USG 4D tipe ini biasanya dibimbing secara langsung oleh dr. Amir.

Sedangkan untuk USG 4D Diagnosis Fetomaternal, yakni untuk mengecek kemungkinan adanya komplikasi atau kelainan pada bayi, RS Al Irsyad Surabaya mendatangkan dokter yang ahli di bidangnya, yakni dr. Ninta, Sp.OG K Fer dengan kisaran harga sebesar Rp850 ribu.

Diagnosis ini pun dapat mendeteksi adanya cacat lahir, seperti bibir sumbing, kelainan down syndrome, dan penyakit lain yang dibawa saat dalam kandungan.

Konsultasikan kondisi kehamilan Anda di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya bersama dr. Amir Fahad, Sp.OG dengan jadwal Rabu pukul 13.00-14.30 dan Minggu pukul 18.00-20.00 untuk pasien nonBPJS, serta hari Rabu pukul 15.00-16.00 untuk pasien BPJS.

Selengkapnya mengenai informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat