Dokter dan Nakes Adalah Para Pahlawan Di Masa Pandemi Saat Ini

Rsalirsyadsurabaya.co.id –  Para tenaga medis (dokter, dokter gigi) dan tenaga kesehatan (nakes) adalah pahlawan Pandemi COVID-19 yang akan terus dikenang sepanjang masa. Di Hari Pahlawan ini, sudah sewajarnya jika gelar pahlawan jatuh kepada mereka.

Apalah artinya pandemi COVID-19 yang dapat dikendalikan, tanpa strategi, SDM, anggaran, sarana-prasarana yang memadai dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Semua pihak bahu-membahu berjuang melawan virus corona.

Pandemi ini telah banyak mengajarkan masyarakat banyak hal, bahwa sebenarnya setiap pribadi yang berjuang melawan covid adalah pahlawan bagi dirinya, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Termasuk orang-orang non kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang turut berjibaku dengan COVID-19.

Pahlawan Pandemi yang Menginspirasi dan Diapresiasi

Peran penting dan sangat besar diusung oleh para tenaga medis sebagai garda terdepan selama wabah ini mendunia. Para tenaga medis dan nakes digaungkan sebagai pahlawan yang patut diapresiasikan selama hampir dua tahun pandemi COVID-19 berlangsung.

Beberapa waktu lalu, tenaga medis dan nakes sebagai pahlawan pandemi ditunjukkan dengan penganugerahan bintang jasa oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Agustus 2021, kepada 325 tenaga medis dan nakes yang gugur dalam bertugas menangani COVID-19.

Dari 325 nakes yang gugur, 258 di antaranya menerima penghargaan Bintang Jasa Pratama. Mereka terdiri dari 105 dokter, serta 153 perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Sedangkan, 67 tenaga medis dan nakes yang gugur mendapatkan penghargaan Bintang Jasa Nararya. Dari jumlah tersebut, 9 berprofesi dokter, 58 merupakan perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

Untuk itulah sudah sewajarnya jika pahlawan di masa pandemi saat ini ditujukan pada Dokter dan Nakes yang berjuang di garda terdepan melindungi masyarakat dari virus COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat