Dilakukan Penyintas COVID-19, Begini Kriteria Pendonor Plasma Konvalesen

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Merujuk sejumlah penelitian, Ketua Tim Plasma Konvalensen, Ruswana Anwar mengatakan, pendonor ideal adalah mereka yang pernah mengalami gejala parah selama menderita COVID-19.

Pendonor plasma konvalesen saat ini sedang dicari. Mereka adalah para penyintas COVID-19, utamanya mereka yang pernah mengalami gejala parah. Namun, penyintas harus dinyatakan negatif COVID-19 minimal selama dua minggu dan maksimal selama tiga bulan sebelum bisa mendonorkan plasma darahnya.

Lebih lanjut, Ahli Epidemiologi Lapangan (Field Epidemiology) Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dr. Yudhi Wibowo, M.PH menjelaskan, pendonor harus berusia 18-60 tahun dengan berat badan kurang lebih 50 kilogram dan memiliki tekanan darah 160/100 sampai dengan 110/70 mmHg.

Ditambah denyut nadi teratur 50-100 kali per menit dengan suhu tubuh kurang dari 37 derajat celcius, serta memiliki kadar hemoglobin ≥12,5 s/d ≤17 gr/dl. Tidak mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan tidak sedang hamil atau menyusui bagi pendonor perempuan, tidak memiliki penyakit jantung dan epilepsi serta tdak mengidap penyakit infeksi menular seperti HIV, hepatitis B dan C.

Titer antibodi netralisasi sars-cov-2 yang dimiliki setidaknya 1:160, namun titer antibodi netralisasi 1:80 dapat dipertimbangkan jika tidak tersedia pilihan lain yang sesuai serta nonreaktif terhadap uji saring infeksi menular lewat transfusi darah.

Kemudian bagi pendonor yang telah memenuhi kriteria pada praskrining akan dilakukan pengambilan sampel untuk pemeriksaan golongan darah abo dan rhesus, pemeriksaan skrining antibodi, pemeriksaan uji saring infeksi menular lewat transfusi darah terhadap HIV, sifilis, hepatitis B & C. Titer antibodi dan netralisasi antibodi, lalu pemeriksaan hematologi (pengambilan metode apheresis), serta pemeriksaan total protein dan albumin (pengambilan metode apheresis).

“Oleh karena terapi plasma sangat bermafaat untuk menyelematkan pasien COVID-19, maka marilah bagi penyintas COVID-19 untuk secara sukarela mendonorkan plasmanya. Sekali lagi plasmamu dapat menyelamatkan orang lain,” tuturnya.

Sementara penerima donornya, tentu saja memiliki kecocokan golongan darah dengan pendonor plasma.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat