Dibanding Susu Formula, Inilah Kehebatan ASI

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Air Susu Ibu (ASI) dikenal sebagai asupan terbaik bagi bayi. Berdasar beberapa studi, ASI menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan si kecil. Berikut ulasannya.

Kehebatan ASI telah terungkap dari studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Brigham & Women’s Hospital, Amerika Serikat. Dari hasil studinya, mereka mengungkap bahwa ASI mampu memerangi peradangan dan infeksi.

Mereka meneliti molekul pro-resolving mediator. Kemudian para peneliti menguji molekul tersebut pada tikus. Kemudian mereka menemukan bahwa molekul tersebut membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ketika dilakukan penelitian terhadap susu formula, ternyata tidak ditemukan molekul specialized pro-resolving mediator. Ini artinya bayi tidak akan memeroleh manfaat sama dari minum susu sapi.

“Sangat penting bagi ibu menyusi mengetahui hal ini. Karena susu formula tidak memiliki tipe molekul yang sama dengan yang dimiliki ASI,” tutur direktur BWH’s Center for Experimental Therapeutics and Reperfusion Injury, Charles Serhan seperti dikutip laman Time.

Bantu Si Kecil Kebal terhadap Penyakit

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mengungkapkan bahwa ASI bermanfaat untuk membuat tubuh si kecil lebih mudah melawan virus, terhindar dari alergi dan sakit, dan mampu meningkatkan IQ anak

Diungkapkan oleh WHO bahwa ASI adalah makanan ideal untuk bayi baru lahir. Sebab, ASI menyediakan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi agar tumbuh kembangnya baik.

“ASI juga tidak hanya aman tetapi mengandung antibodi yang membantu melindungi bayi dari penyakit seperti diare dan pneumonia, dua penyebab utama kematian anak di seluruh dunia,” ungkap WHO, dikutip dari India Today.

Untuk itu, WHO merekomendasikan setidaknya anak bisa mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun, selain anak pun sudah diberi makanan pendamping ASI sampai makanan keluarga.

Otak Anak Lebih Cerdas dengan ASI

ASI ternyata dapat menyumbang kecerdasan bagi buah hati. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Jagiellonia University Medical College membuktikannya.

Studi tersebut menyatakan bahwa bayi yang diberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif selama 3 bulan memiliki IQ (Intelligence Quotient) 2, 1 poin dari bayi yang tidak diberi ASI selama 3 bulan.

Selain itu, bayi yang diberi ASI selama 6 bulan memiliki IQ 2, 6 poin lebih tinggi, dan bayi yang diberi ASI lebih dari bulan memiliki IQ 3, 8 poin lebih tinggi. Sebagaimana dikutip dari fimela.

Kemudian penulis ‘The Lancet Breastfeeding Series’, Sue Horton menjelaskan hal serupa dilansir dari CNN.

“Jika ibu menyusui lebih lama, hingga anak berusia dua tahun akan menambah IQ anak sebesar 3 poin. Itu jumlah yang banyak,” ungkap Horton.

Lebih jauh, dokter yang ahli dalam bidang menyusui yakni Dr. Hessa Khalfan Al Ghazal dilansir dari fimela menyatakan bahwa walaupun kecerdasan intelektual ditentukan oleh keturunan dan lingkungan, namun hasil penelitian lain menunjukkan bahwa menyusui juga berperan dalam perkembangan otak bayi.

Ia menambahkan terdapat dua faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan intelektual anak yaitu faktor sosial dan emosional antara Ibu dan bayi. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat