Diagnosa Osteoarthritis dengan Tepat, Jangan Asal Minum Obat

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Osteoarthritis (OA) pada lutut dapat menyerang siapa saja, terutama yang sering terjadi pada lanjut usia berusia 50 tahun ke atas. Ada beberapa tingkatan diagnosa terkait penyakit ini, sehingga seseorang perlu mengetahuinya sebelum memutuskan untuk menentukan obatnya.

Disampaikan oleh Dokter Spesialis Ortopedi RS Al Irsyad Surabaya, dr. Kukuh Dwiputra Hernugrahanto, Sp.Ot(K), OA merupakan peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak.

Rasa sakit yang dialami penderita akan semakin hebat seiring berjalannya waktu bahkan sampai semakin sulit menggerakan lututnya. Menjawab pertanyaan pendengar, dr. Kukuh menjelaskan jika ada derajat atau tingkatan dari penyakit OA yang harus dipahami penderita.

Pasalnya, banyak orang yang sudah memilih pengobatan dengan disuntik namun masih merasakan sakit pada lututnya, maka kemungkinan derajat OA yang terjadi pada orang tersebut sudah berat sehingga perlu memilih terapi lain.

“Jika setelah disuntik namun masih sakit atau terasa berat, berarti bantalan yang berada di tulang rawan itu semakin menipis. Maka, terapi dengan suntik harus dipikirkan kembali apakah masih cocok atau lebih baik ganti terapi lainnya,” jelasnya dalam Bincang Medika bersama Suara Muslim Surabaya, Sabtu (20/2).

Apalagi jika penderita sudah didiagnosis OA grade 4 atau derajat lanjut, maka dr. Kukuh menyarankan operasi sebagai solusi untuk mengatasinya, dan tidak lagi terlalu bergantung pada obat. Sebab obat hanya membantu mengurangi nyeri, sedangkan sumber nyerinya harus diatasi.

“Pada kondisi di tingkat itu, langkah yang tepat memang dengan operasi atau mengatasi sumber nyeri yang terjadi. Jika tidak mau dioperasi maka seumur hidup harus mengonsumsi obat, karena sumbernya belum diatasi,” paparnya.

Untuk itu, masyarakat tak perlu takut melakukan operasi karena nantinya tulang rawan yang sudah rusak atau habis akan dilapisi dengan yang baru, bukan diganti secara total, sehingga tak perlu khawatir untuk melakukannya.

Sementara itu, dr. Kukuh juga membagikan tips untuk menjaga kesehatan lutut dengan singkatan yang menarik yakni “SenAng Jaga CuCu”, yang kepanjangannya adalah:

  1. Senantiasa aktif bergerak sesuai dengan batas toleransi tubuh dan usia
  2. Kurangi aktivitas berlebihan yang dapat menyebabkan cedera lutut
  3. Jaga berat badan itu sangat penting
  4. Cukup Minum, Cukup Nutrisi dengan mengonsumsi makanan ikan yang mengandung omega 3, buah-buahan, dan sayuran hijau.

Konsultasikan nyeri lutut Anda di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya bersama dr. Kukuh Dwiputra Hernugrahanto, Sp.Ot(K) dengan jadwal praktik Kamis pukul 14.00 siang – selesai, dan Sabtu pukul 08.00 – selesai. Untuk informasi pelayanan, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat