Dengan Shalat, Tulang Menjadi Sehat

Rs-alirsyadsurabaya.or.id– Anda ingin punya tulang yang sehat? Tak perlu repot mencari suplemen penguat tulang. Dengan shalat, tulang Anda akan menjadi sehat.

Prof. Muhammad Khasawneh, seorang ahli dari Universitas Binghamton New York dalam studinya yang berjudul Studi Ergonomis Gerakan Tubuh dalam Shalat Pemodelan Manusia Digital, seperti dikutip dalam jabar.tribunnews.com mengungkapkan bahwa gerakan-gerakan pada sholat mirip dengan yoga atau terapi fisik untuk nyeri punggung.

Mulai dari Takbiratul Ihram. Gerakan mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan bahu ini memiliki manfaat untuk melancarkan aliran darah. Selain itu, hal tersebut dapat memperkuat otot bagian tangan akibat gerakan mengangkat tangan yang dapat meregangkan otot bagian tangan.

Gerakan Ruku’, dalam gerakan ruku’, badan membungkuk kedepan dengan sudut 45 derajat dibarengi dengan tangan sebagai penahan ke bagian lutut kaki. Hal ini bermanfaat untuk tulang belakang agar tetap dalam posisi yang tegak sempurna, menjaga posisi saraf pusat, dan memperlancar aliran darah dari otak ke seluruh bagian tubuh.

I’tidal, gerakan berdiri sejenak sambil mengangkat kedua tangan seperti pada saat takbiratul ihram ini memili manfaat untuk melancarkan pencernaan, karena gerakan pada saat i’tidal berporos pada perut, sehingga perut terasa seperti dipijat.

Sujud, gerakan menekuk kedua kaki, kemudian menyentuhkan dahi ke lantai, dan tangan sebagai penyangga tersebut bermanfaat memperlancar aliran darah ke otak, sehingga kemampuan berpikir seseorang akan jauh lebih baik.

Duduk di antara dua sujud, posisi duduk dengan kaki sebagai tumpuan bermanfaat untuk menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang menyebabkan seseorang sulit untuk berjalan.

Duduk tahiyat Akhir, dalam duduk tahiyat akhir ini bermanfaat untuk menekan bagian kandung kemih, saluran vas deferens, dan kelenjar kelamin pria. Melakukan duduk tahiyat akhir dengan baik akan menghindarkan seseorang dari penyakit impotensi.

Yang terakhir adalah gerakan salam, gerakan memutar kepala ke arah kanan dan kiri ini bermanfaat untuk meregangkan otot bagian sekitar leher dan kepala, dapat menyempurnakan aliran darah, dapat mencegah sakit kepala , serta dapat mengencangkan kulit.

Segala aktifitas yang berkaitan dengan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala akan bermanfaat bagi orang yang melaksanakan ibadah tersebut. Ibadah yang dilakukan oleh seorang hamba tidak akan berpengaruh kepada Allah, tapi orang yang melakukan ibadah tersebut yang dapat memperoleh pengaruh serta manfaat dari ibadah yang ia lakukan.

Meski demikian, sehat hanyalah efek. Niat melakukan shalat tetap hanya untuk mencari ridho Sang Maha Pemberi kesehatan. Jika tak ditemukan efek menyehatkan pun, shalat tetap harus dilakukan, karena bagian dari perintah Allah subhanahu wa ta’ala yang wajib dikerjakan.(nda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat