Dapur Gizi RS Al Irsyad Beradaptasi dengan Pandemi COVID-19

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Datangnya pandemi COVID-19 sejak tahun lalu sempat membuat berbagai pihak kewalahan dan terpuruk. Namun, RS Al Irsyad Surabaya mampu beradaptasi pada semua lini. Tak terkecuali bagian dapur gizi yang memegang peranan penting dalam pemenuhan gizi pasien.

Dapur gizi RS Al Irsyad Surabaya (RSAI) turut beradaptasi dalam menghadapi pandemi COVID-19. Adaptasi ini dilakukan agar pasien-pasien yang berobat di RSAI mendapat dukungan gizi yang baik. Dituturkan oleh Anisa Wahyuningtyas Agustin, A.Md. Gz, Ahli Gizi RS Al Irsyad Surabaya, pihaknya benar-benar menjaga prosedur di dapur gizi RSAI.

“Ya, kami beradaptasi. Ada beberapa perubahan yang kami lakukan sebagai upaya mencegah potensi penularan dari dapur gizi,” ujarnya.

Siapa pun yang bekerja dalam mengolah gizi wajib menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Mulai dari mencuci tangan dan memakai masker. Para staf dan peralatan benar-benar dijaga agar higienis dan steril.

Kemudian, pada prosedur pemberian makanan pada pasien turut mengalami perubahan. Anisa mengatakan, jika sebelum pandemi, para staf gizi akan langsung mengantar sendiri makanan tersebut. Namun sekarang, para staf gizi hanya akan mengantarnya melalui perawat pasien masing-masing. Terutama, pada pasien COVID-19 yang dirawat.

“Jadi, sekarang staf gizi hanya memberikan makanan pada perawat, dan mereka yang meneruskan ke pasien. Terutama pada pasien COVID-19, kan perawatnya pasti menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), jadi lebih mengurangi risiko penularan,” tambahnya.

Lalu, perubahan selanjutnya ada pada peralatan makan. Sebelum pandemi, dapur gizi RS Al Irsyad menggunakan peralatan makan yang dapat dipakai kembali. Namun sekarang, dapur gizi RS Al Irsyad mengganti peralatan makan pakai ulang tersebut dengan yang sekali pakai.

“Jadi, semua peralatan makan untuk pasien sekarang diganti agar bisa sekali pakai. Upaya ini agar saling melindungi staf dan pasien dalam rangka pencegahan COVID-19,” kata Anisa.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat