Coba Lakukan Cara Ini Agar Tak Sulit Bernapas Saat Pakai Masker Dobel

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Memakai masker medis sekali pakai kemudian dirangkap dengan masker kain di bagian luar menjadi cara yang dianggap cukup efektif untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 yang makin masif. Namun, banyak orang mengeluh sulit bernapas saat memakai dua masker sekaligus.

Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia masih menunjukkan angka yang mengkhawatirkan. Karena itu, diperlukan kesadaran penuh dari masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah dibuat, salah satunya terkait penggunaan masker.

Memakai masker kini tak bisa lagi sembarangan. Jika dulu memakai satu masker saja cukup, kini CDC merekomendasikan untuk memakai dua masker atau dobel. Meski begitu, sebagian orang mungkin cara ini membuat tak nyaman karena membuat sulit bernapas.

Jika hal itu terjadi, tetap kenakan masker, dan lakukan beberapa tips berikut.

Kenakan Masker di Rumah

Memakai masker dobel setiap waktu tentu membuat yang tidak terbiasa merasa tak nyaman. Namun rasa tidak nyaman itu sebaiknya ditahan demi keselamatan bersama. Untuk membiasakan diri agar lebih nyaman dengan penggunaan dua masker ini, maka bisa dilakukan latihan dengan mengenakannya saat berada di rumah.

Coba di Dekat Rumah

Jika sudah mulai terbiasa di rumah, cobalah memakai dua masker di sekitar rumah. CDC menyebut, mencoba memakai dua masker dengan berjalan di sekeliling rumah bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kenyamanan.

Pastikan masker yang kita kenakan memiliki ukuran yang pas dengan wajah sehingga kita tetap bisa bernapas dengan baik. Langkah ini disebut bisa membuat kita terbiasa memakai masker dobel tanpa khawatir akan banyak melepasnya.

Turunkan Kecepatan Bernapas

Melansir Kompas.com, masker memiliki ketahanan terhadap aliran udara. Hal ini membuat kita perlu usaha lebih untuk menarik napas ketika memakainya.

Ahli paru dari Rumah Sakit Brigham dan Wanita yang berafiliasi dengan Harvard, Dr. Bartolome Celli menyarankan cara terbaik menanggulangi ini adalah dengan menurunkan kecepatan bernapas.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat