Cegah Penuaan Dini dengan Nutrisi yang Tepat

Kulit merupakan lapisan terluar tubuh yang membatasi antara tubuh manusia dengan lingkungan luar.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, kulit berfungsi dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat lingkungan, kuman atau bakteri, mencegah kehilangan cairan dari dalam tubuh, dan mempertahankan suhu.

Seiring bertambahnya usia terjadi proses penuaan pada tubuh manusia, termasuk kulit.

Proses penuaan pada kulit dapat terjadi akibat radiasi sinar ultraviolet, polusi, rokok, kurang tidur maupun akibat nutrisi yang tidak adekuat.

Nutrisi berkaitan dengan kesehatan kulit dan diperlukan untuk semua proses-proses yang terjadi di dalam tubuh.

Kebiasaan makan dan status gizi seseorang akan memengaruhi proses regenerasi kulit dan berdampak pada status kesehatan kulit dan penuaan.

Penuaan pada kulit ditandai dengan timbulnya garis-garis halus atau kerutan pada kulit, kulit kering dan kusam.

Agar dapat mencegah terjadinya penuaan dini diperlukan nutrisi yang tepat bagi kesehatan kulit.

Salah satunya adalah mengkonsumsi air yang diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan fungsi pada berbagai jaringan dan berperan sebagai  pelarut dan transportasi bagi zat-zat gizi tertentu, menjaga volume cairan tubuh serta mengatur suhu tubuh.

Apabila tubuh kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi dan mengganggu fungsi pada berbagai jaringan, termasuk pada kulit. Jumlah konsumsi air yang dianjurkan pada orang dewasa sehat adalah dua liter per hari.

Juga protein diperlukan dalam proses pembentukan dan perbaikan jaringan kulit. Bahan makanan sumber protein dapat diperoleh dari sumber nabati (kacang-kacangan, tahu, tempe)  maupun dari sumber hewani (daging, telur, susu, keju).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat