Cegah Kebotakan Pria dengan Cara Ini

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Kebotakan telah menjadi hal yang lumrah terjadi. Seringkali, kebotakan menyerang kaum laki-laki. Sekitar dua pertiga pria dapat mengalami kebotakan saat berada di pertengahan 30 tahun.

Sebagian pria akan memilih menerima kebotakan yang terjadi dengan cara mencukur rambut sampai habis. Namun, dewasa ini juga banyak pria yang mencari terapi agar tidak mengalami kebotakan. Menurut pakar kerontokan rambut dari klinik Cleveland, dr. Melissa Piliang dalam kompas, memang tidak ada ramuan ajaib untuk menumbuhkan rambut yang telah rontok.

Namun, ada cara untuk mencegahnya. Berikut adalah cara untuk mencegah kerontokan rambut pada pria dikutip dari situs yang sama.

Meditasi dan Olahraga

Stres dapat memicu kerontokan terjadi. Ini membuat folikel rambut berada dalam tahap istirahat sehingga rambut tidak tumbuh kembali. Menurut Piliang, kecemasan bisa membuat produksi kortisol meningkat dan membuat kadar hormon lain fluktuasi. Dengan begitu, dapat mempercepat proses kebotakan, apalagi jika Anda memiliki genetis yang memang botak.

Pengelolaan stres yang baik dapat membantu mencegah kebotakan. Dengan rutin melakukan meditasi dapat mengurangi kecemasan. Olahraga pun demikian, dapat membantu mengurangi hormon stres dan melancarkan sirkulasi darah.

Gunakan Minoxidil (Rogaine)

Rogaine adalah obat tetes yang disetujui oleh Badan Pengawas Kesehatan Amerika. Memang obat oles ini tidak akan membantu mengembalikan rambut yang hilang. Namun, dengan obat ini dapat mempertahankan rambut yang tersisa.

Obat ini juga dapat meningkatkan aliran darah dan memberikan banyak oksigen serta nutrisi ke folikel rambut. Sayangnya, jika rogaine dalam bentuk cair malah dapat membuat iritasi dan kepala yang berminyak. Karenanya, rekomendasi obat ini hanya yang mengandung lima persen busa di dalamnya.

Terapi Laser

Selain dengan obat, terapi laser juga dapat mengatasi kebotakan. Terapi ini juga telah disetujui oleh Badan Pengawas Kesehatan Amerika. Perangkat laser digunakan dengan tingkat cahaya yang rendah. Untuk mendapatkan hasilnya, gunakan perangkat ini sekitar 25 menit tiap harinya.

Dalam penelitian American Journal of Clinical Dermatology di tahun 2014, pria yang menggunakan terapi laser tiga kali seminggu dapat mengalami peningkatan kepadatan rambut setelah 26 minggu.

Sampo Ketoconazole

Jika kebotakan mulai Anda alami, segera ganti sampo Anda dengan yang mengandung ketoconazole satu persen. Kita bisa minta dokter atas resepan sampo dengan dua persen ketoconazole.

“Sampo ini dipasarkan sebagai bahan anti ketombe, tetapi ada penelitian mengklaim ketoconazole sebagai anti-androgen,” ujar Piliang. Kandungan ini dapat memblokir konversi testosteron menjadi dihidrotestosteron, hormon yang mengecilkan folikel rambut.

Vitamin D

Selain bahan-bahan atau terapi di atas, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D juga dapat membantu mencegah kebotakan. Beberapa kasus rambut rontok dikaitkan dengan minimnya konsumsi vitamin D.

Studi dalam British Journal of Dermatology membuktikan penderita alocia areata, kelainan autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut, tiga kali mengalami defisiensi vitamin D dibandingkan mereka yang miliki rambut sehat. “Vitamin D dapat mengatur ulang fase pertumbuhan rambut,” ucapnya. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat