Cegah Bau Mulut Saat Puasa Sejak Waktu Sahur, Begini Caranya

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Selama bulan Ramadan, umat muslim dunia wajib menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Kegiatan ini umumnya dapat memicu bau mulut. Namun, bau mulut tersebut salah satunya dapat dihindari dengan menjalankan persiapan sahur yang baik dan benar.

Walaupun normal, bau mulut tak sedap memang sering kali membuat banyak orang menjadi tidak percaya diri. Berkurangnya tingkat air liur selama berpuasa pun menjadi penyebab utama bau tidak sedap pada mulut. Ini karena air liur yang memiliki peran penting untuk melindungi mulut dari pertumbuhan bakteri.

Meski setelah berbuka, kelenjar ludah akan terstimulasi dan produksi air liur akan kembali normal. Bau mulut saat berpuasa tetap harus dihindari. Caranya, perhatikan hal-hal berikut saat Anda sedang bersahur.

Minum air putih

Mulut yang kering selama berpuasa menyebabkan bau mulut menjadi tidak segar. Karenanya, minum banyak air putih saat sahur, setidaknya 2-3 gelas sangat disarankan. Sebab, air putih penting untuk menghidrasi tubuh dan mulut saat berpuasa.

Hindari makanan tinggi gula

Mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi saat sahur dan berbuka juga bisa menyebabkan mulut menjadi bau. Pasalnya, makanan tinggi gula dapat menyebabkan meningkatnya pertumbuhan bakteri di mulut yang menyebabkan napas menjadi tidak segar.

Jangan merokok

Rokok dapat membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Selain itu, rokok juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering, yakni penyebab utama mulut menjadi bau. Jadi, selama Ramadan, sebaiknya aktivitas merokok dihindari. Terlebih jika kebiasaan merokok tersebut dapat dihilangan selama berpuasa Ramadan.

Sikat gigi dan lidah

Penting bagi orang yang berpuasa untuk tetap menyikat giginya walaupun tidak makan apa-apa di siang hari. Sikat gigi dan lidah selama dua menit dan pastikan mulut sudah bersih usai makan sahur, setelah bangun tidur, dan sebelum tidur untuk mencegah munculnya bau mulut.

Kumur-kumur dengan obat kumur

Di siang hari, saat bau mulut sudah terasa tidak segar, Anda bisa mencoba berkumur menggunakan mouthwash. Obat kumur boleh digunakan saat berpuasa karena tidak ditelan. Namun, perlu diingat untuk memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol agar mulut tidak menjadi semakin kering.

“Puasa memang seringkali menimbulkan bau mulut yang buat kita tidak nyaman. Namun, hal tersebut dapat dihindari jika rajin membersihkan rongga mulut dan menerapkan kebiasaan sehat, seperti berhenti merokok,” tandas drg. Nirawati Pribadi, M.Kes., Sp.KG (K), Spesialis Gigi RS Al Irsyad.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat