Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Flu biasanya datang dengan beberapa gejala yang mudah dikenali. Hidung tersumbat misalnya. Gejala ini membuat pernafasan tidak lancar. Agar cepat hilang, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan.

Menurut Academy of Otolaryngology di Amerika, sebenarnya ketika seseorang sedang flu, mereka sedang terjangkit virus yang mengandung kimia histamines. Virus ini meningkatkan aliran darah ke hidung, sehingga jaringan dalam hidung menjadi radang dan bengkak.

Kondisi yang seperti itu, membuat udara yang keluar dan masuk hanya memiliki sedikit ruang, dan kita pun akan merasa pengap dan tersumbat. Pada saat yang sama, hidung juga memproduksi lendir ketika flu menyergap, makin terasalah hidung tersumbat.

Adapun selain itu, dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager Consumer Health Division PT. Kalbe Farma mengungkap, hidung mampet disebabkan oleh penumpukan lendir di dalam rongga, jika penumpukan ini tidak segera diatasi, bisa menyebabkan penyempitan sinus.

“Mukus merupakan lendir, yang diproduksi oleh saluran pernafasan kita, sebagai upaya pertahanan terhadap benda asing atau kuman yang masuk,” paparnya, dikutip dari detik.

Kemudian, dr. Umar Said Dharmabakti, Sp.THT-KL (K), seorang dokter ahli THT-KL (Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala Leher) mengatakan, hidung tersumbat juga bisa karena alergi. “Pilek yang lama sembuhnya bukanlah sinusitis, tapi alergi. Penderitanya kemungkinan memiliki faktor alergi yang diturunkan secara genetik,” jelasnya dalam femina.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat, jika memang disebabkan oleh flu. Menggunakan penyaring udara ataupun minum teh peppermint adalah sebagian caranya. Selain itu, uap dari air panas juga bisa digunakan. Menurut dokter Helmin, uap panas dapat membantu melonggarkan ikatan mukus, sehingga mukus menjadi encer dan mudah dikeluarkan.

Untuk makanan pereda hidung tersumbat, Anda dapat mengonsumsi sup dan meminum air hangat. Karena, kedua makanan ini ampuh meredakan flu. Sup dengan kaya nutrisi baik dari daging atau sayurannya, dapat mempercepat peningkatan daya tahan tubuh dan pemulihan.

Sementara itu, jika hidung tersumbat karena alergi, dapat dilakukan tiga cara seperti dikutip dari femina. Yaitu, dengan menghindari alergen (sumber pembuat alergi), bergaya hidup sehat, dan mengonsumsi obat anti alergi sesuai anjuran dokter. “Namun, jangan mengonsumsi antibiotik atas inisiatif sendiri. Bisa-bisa saat Anda mengalami infeksi tertentu dan benar-benar membutuhkannya, antibiotik itu tidak mempan lagi,” tegas dokter Umar.

Hidung tersumbat memang sangat mengganggu. Karena, ini membuat seseorang dapat kesulitan bernafas. Perlu ditangani dengan tepat dan tidak asal-asalan. Karena, nyatanya hidung tersumbat tak hanya karena flu, namun juga bisa karena alergi. Pastikan memeriksakan diri ke dokter, agar mendapat penanganan yang tepat dan obat yang tepat. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat