Buah Sirsak, Ampuh Jaga Kekebalan Tubuh

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Buah sirsak dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Dagingnya kenyal, rasanya sedikit masam, namun khasiatnya sungguh luar biasa. Mulai dari mendatangkan kebaikan untuk pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, juga mencegah kanker.

Anda bisa memakan buah ini secara langsung, atau menjadikan buah ini sebagai jus atau smoothies. Berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dilansir laman Prevention dan Hellosehat.


Menjaga Kesehatan Pencernaan
Sebab sirsak merupakan sumber serat yang sangat baik dengan 7,4 gr per cangkir, menurut USDA (United States Department of Agriculture) atau Departemen Pertanian Amerika Serikat, jadi sirsak dapat menolong mengatasi konstipasi dan mengurangi peradangan.

Makanan tinggi serat, seperti sirsak juga bisa memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga Anda terlepas dari mengidam. Sirsak dapat juga membantu melawan penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat.

Bisa Mendukung Sistem Kekebalan
Sirsak juga kaya akan vitamin C. Dalam satu cangkir sirsak, Anda akan memperoleh setidaknya 46 miligram vitamin C. Vitamin yang kuat ini sangat penting untuk segalanya, mulai dari mengurangi keriput sampai meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Riset telah menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam diet Anda bisa membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Meskipun riset menunjukkan jika vitamin C tidak berpengaruh banyak untuk menghambat pilek, studi tahun 2018 dari BioMed Research International menunjukkan jika vitamin C bisa membantu mempersingkat flu biasa.

Menstabilkan Tekanan Darah
Ada 626 miligram potasium dalam secangkir sirsak dan 47 miligram zat besi. Karena kalium dan natrium saling bergandengan tangan, kadar kalium rendah sering berarti sodium tinggi, yang berarti tekanan darah tinggi.

Kalium berfungsi untuk menyaring hal-hal buruk dari tubuh Anda, termasuk kelebihan garam. Kalium pun membantu pembuluh darah Anda rileks yang memungkinkan sirkulasi yang lebih baik. Sementara beberapa pasien kanker beralih ke suplemen herbal untuk meredakan gejala-gejala tertentu, Anda mesti berbicara dengan dokter Anda sebelum Anda memperkenalkan sesuatu yang baru ke dalam diet dan rencana perawatan Anda.

Suplemen sirsak bukan pengganti obat yang digunakan untuk menyembuhkan kanker dan mereka juga bisa berinteraksi dengan obat lain yang sudah Anda minum. Dan meskipun riset awal menunjukkan sirsak mungkin memiliki sifat melawan kanker, tidak ada yang bahkan mendekati definitif.

Mencegah Kanker
Dilansir dari hellosehat, penelitian mengungkapkan bahwa sirsak mengandung turunan asam lemak yang disebut annonaceous acetogenins. Senyawa ini dapat dikaitkan dengan pencegahan kanker dan pengurangan ukuran tumor.

Penelitian lain mengungkap bahwa kandungan dalam sirsak dapat dipakai sebagai alternatif untuk pengobatan kanker. Acetogenins dalam sirsak diduga dapat memotong perkembangan sel yang tidak normal dari aliran darah. Sering kali sirsak dikaitkan dengan sebagai salah satu pengobatan untuk kanker payudara, prostat, dan paru-paru.(Din)

2 thoughts on “Buah Sirsak, Ampuh Jaga Kekebalan Tubuh

  • January 22, 2019 at 1:21 pm
    Permalink

    Terima kasih..artikel kesehatnnya sangat informatif…
    Saya .menunggu artikel yang lainnya…

    Reply
    • January 23, 2019 at 12:57 am
      Permalink

      Terima kasih, in syaa Allah setiap hari akan kita sajikan tulisan-tulisan yang tak kalah menarik.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat