Bolehkah Pasang KB IUD Saat Berpuasa?

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Sebagian perempuan kerap merasa khawatir jika melakukan pemasangan alat kontrasepsi berupa KB IUD atau Spiral selama bulan Ramadan karena takut membatalkan puasa. Tapi, benarkah hal ini bisa membatalkan puasa? Begini penjelasan dari Dokter Spesialis Kandungan.

Spesialis Kandungan RS Al Irsyad Surabaya, dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG menyebut bahwa pemasangan KB IUD atau intrauterine device atau yang lebih dikenal sebagai KB Spiral aman dilakukan selama bulan Ramadan dan pemasangannya tidak membatalkan puasa yang sedang dijalaninya.

Seperti yang diketahui bahwa bahan dasar dari IUD umumnya berbahan dasar plastik berbentuk seperti huruf T. pemasangannya pun dilakukan dengan cara memasukannya ke dalam rahim dan proses pemasangannya dilakukan saat menstruasi dengan perkiraan waktu berlangsung selama 15 hingga 20 menit.

Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh melalui kerongkongan memang bisa jadi membatalkan puasa. Namun, IUD dimasukan ke dalam rahim yang letaknya jauh dari alat pencernaan, sehingga pemasangan alat kontrasepsi jenis ini termausk aman dan tak membatalkan puasa.

“Selain itu IUD bukan termasuk dalam zat padat yang mengandung nutrisi untuk tubuh, sehingga tak membatalkan puasa. Di bagian tepi ada tembaga, tujuannya menghambat pertemuan antara sperma dan ovum,” ujarnya.

Sedangkan proses pemasangannya dilakukan saat menstruasi. Hal ini dilakukan agar mudah pemasangannya, sebab ketika menstruasi, mulut rahim akan terbuka serta dapat mengurangi nyerinya.

Akan tetapi, efek yang ditimbulakan akan mengalami perubahan siklus menstruasi. Periode menstruasi dan jumlah darah setelah pemasangan KB IUD juga akan bertambah dari biasanya.

Beberapa ahli menyebut jika darah yang keluar merupakan dampak dari pemasangan IUD, darah tersebut dikategorikan sebagai darah penyakit yang tidak membatalkan shalat maupun puasa.

Dengan demikian bagi wanita yang ingin menunda atau mencegah kehamilan selama bulan Ramadan, tak perlu khawatir lagi dengan keamanan serta membatalkan puasa atau tidak karena KB IUD tidak membatalkan puasa.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di . (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat