Bolehkah Orang dengan Gangguan Kesehatan Mental Lakukan Vaksinasi COVID-19? Berikut Penjelasannya

Rsalirsyadsurabaya.co.id –  Gangguan kesehatan mental bukanlah kontraindikasi dilakukannya vaksinasi COVID-19. Dengan begitu, orang dengan gangguan jiwa tetap aman dan diperbolehkan melakukan vaksinasi. Kecuali pada mereka yang mengalami infeksi akut, penyakit imunodefisiensi primer, dan alergi berat.

Dokter Spesialis Kejiwaan RS Al Irsyad Surabaya, dr. Hj. Suksmi Yitnamurti, Sp.KJ (K) menyampaikan jika orang dalam gangguan kesehatan mental menjadi peserta program vaksinasi COVID-19, maka hal tersebut diperbolehkan dan dapat mengikuti sesuai jadwal pelaksanaan vaksin tersebut.

“Hal ini karena orang yang dilarang untuk lakukan vaksinasi adalah orang-orang tertentu saja. Misalnya orang dengan kenaikan dosis dalam tiga hari atau orang yang menggunakan obat-obatan tertentu dalam dosis besar,” ujarnya.

Untuk itu, sebelum dilakukan vaksinasi, di tempat Anda akan divaksin, akan ada petugas yang melakukan skrining, di sana akan ditanyakan mengenai riwayat penyakit, keluhan, alergi, penggunaan obat-obatan. Kemudian akan dilakukan pemeriksaan tekanan darah, nadi, dan suhu tubuh. Dari skrining itulah akan ditentukan apakah Anda layak untuk divaksin, ditunda pemberian vaksinnya, atau tidak layak.

Ada pula beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran sebelum melaksanakan vaksinasi, antara lain:

  1. Istirahat yang cukup, tidur 7-8 jam per hari, jangan bekerja terlalu berat
  2. Makan makanan bergizi, makan teratur 3 kali sehari
  3. Minum air mineral yang cukup 2 liter per hari
  4. Olahraga teratur sesuai kemampuan tubuh
  5. Rajin menjaga kebersihan tubuh, mencuci tangan dengan sabun
  6. Gunakan masker apabila bepergian
  7. Menjaga jarak apabila berinteraksi dengan orang dari luar lingkungan rumah

“Selain itu, sebelum lakukan vaksinasi, ada baiknya menanyakan kepada psikiater Anda, apakah Anda bisa melakukan vaksinasi atau tidak,” pungkasnya.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat