Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan, Hindari Tiga Tempat Ini Saat Meletakkan Gawai

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Sebagian besar orang cenderung suka meletakkan gawai mereka di tempat yang mudah dijangkau. Namun, tanpa sadar beberapa tempat yang dipilih dapat mengakibatkan kesehatan memburuk. Namun, bagaimana hal itu bisa terjadi? Lalu tempat seperti apa yang harus dihindari?

Radiasi ponsel bisa menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Maka dari itu, ada baiknya untuk meletakkan handphone di tempat yang benar. Berikut tiga tempat yang baiknya dihindari untuk meletakkan handphone.

Bawah Bantal

Ada banyak orang yang memiliki kebiasaan meletakkan ponsel di bawah bantal. Biasanya hal itu mereka lakukan supaya mereka bisa mendengar alarm di pagi hari. Namun ternyata, menurut Devra Lee Davis, Ph D, MPH selaku direktur Environmental Studies and Toxicology di US National Academy of Science, kebiasaan itu dapat memicu panas dan meningkatkan resiko kebakaran.

Selain itu, lampu LED pada ponsel dapat menggangu kualitas tidur.

Kamar Mandi

Bagi orang yang hobi membawa ponsel ke dalam kamar mandi saat buang air besar, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang. Pasalnya, hal itu akan meningkatkan bakteri pada permukaan ponsel. Bakteri itu akan hinggap di wajah atau tangan ketika kamu sedang menggunakan ponsel. 

Saku Celana

Selain dua tempat di atas, ponsel juga sebaiknya tidak disimpan  di dalam saku celana. Lilly Friedman, MD, seorang ahli chiropractor dan terapis mengungkapkan bahwa radiasi ponsel yang disimpan di celana bisa meningkat hingga berkali lipat, apalagi disimpan dalam keadaan aktif.

Jika dilakukan terus-menerus, kebiasaan ini akan memicu pertumbuhan tumor serta menurunkan kesuburan pria.

Tempat-tempat tersebut sangat mudah dijangkau ketika membutuhkan gawai, namun kita harus waspada terhadap dampak kesehatan yang ditimbulkan. Pastikan menaruh gawai di tempat yang aman dan cukup jarak agar kebiasaan menggunakan gawai tak berdampak buruk bagi kesehatan.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat