Bincang Medika RS Al Irsyad: Bahas Sate Babat Empal, Pastikan Kapan Nyeri Lutut Perlu Dibawa ke Dokter

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Nyeri lutut terkadang dapat menganggu produktivitas tiap orang yang mengalaminya, bahkan ada pula yang sampai tidak bisa berjalan. Lantas sebenarnya, kondisi yang seperti apa yang perlu diwaspadai tiap orang? Kapan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter?

RS Al Irsyad Surabaya mengudara bersama Suara Muslim Surabaya dalam Bincang Medika Sabtu (20/2) kini membahas Nyeri Lutut, Kapan Harus ke Dokter? Dokter Spesialis Ortopedi RS Al Irsyad Surabaya, dr. Kukuh Dwiputra Hernugrahanto, Sp.Ot(K). Pun hadir menjawab pertanyaan pada tema tersebut.

Menurut penuturannya, sendi lutut merupakan sendi yang istimewa karena sebagai penghubung antara tulang paha dan tulang betis. Kerja sendi ini lebih keras sebab menerima beban yang sangat besar ketika beraktivitas sehari-hari.

“Jadi wajar jika nyeri lutut sering diderita oleh tiap orang, karena selain beban yang berat, juga aktivitas banyak,” katanya.

Karena anggapan sebagai nyeri yang lumrah terjadi, banyak orang yang mengidapnya sering kali merasa ragu antara cukup dibiarkan saja atau harus pergi ke dokter, apalagi masih banyak orang yang beranggapan jika pergi ke dokter spesialis ortopedi akan dioperasi, “Padahal tidak semua nyeri lutut harus dioperasi,” tegas dr. Kukuh.

dr. Kukuh juga memaparkan cara mengenali dan mewaspadai nyeri lutut ketika seseorang mengalami trauma setelah terjatuh, yakni dengan mengetahui Sate (Sakit yang hebat di lutut atau nyeri dan tidak bisa ditekuk), Babat (Bengkak Hebat), dan Empal (Empat Langkah).

“Artinya, jika sudah nyeri dan tidak bisa berjalan empat langkah itu tidak bisa, maka harus segera pergi ke dokter untuk dicari tahu bagian mana yang mengalami cedera. Sehingga dokter akan lebih mudah memberikan penanganan lebih lanjut,” paparnya.

Ada pula lima tips yang diberikan dr. Kukuh sebagai langkah awal pertolongan sebelum pergi ke dokter.

“Jadi sebelum ke dokter, pasien bisa juga melakukan lima langkah awal jika menemukan kondisi Sate Babat Empat tersebut, yakni jangan panik, istirahatkan lutut yang cedera, kompres dingin, jangan dipijat, atau diurut serta jangan pula memberikan sesuatu yang hangat seperti minyak atau balsam, karena lutut sedang mengalami radang. Jadi, jika diberi yang hangat-hangat akan lebih parah,” jelasnya.

Untuk itu, setiap orang perlu mengenali kondisi dari nyeri lutut sehingga tahu kapan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter.

Konsultasikan nyeri lutut Anda di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya bersama dr. Kukuh Dwiputra Hernugrahanto, Sp.Ot(K) dengan jadwal praktik Kamis pukul 14.00 siang – selesai, dan Sabtu pukul 08.00 – selesai. Untuk informasi pelayanan, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat