Bincang Medika RS Al Irsyad Ajak Masyarakat Kenali Spesialis Prosthodontist

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama mengembalikan dan memelihara fungsi rongga mulut, pasien dianjurkan memeriksakan diri ke dokter gigi dengan spesialisasi prosthodontist. Sebenarnya, apa itu prosthodontist?

RS Al Irsyad Surabaya hadir dalam Bincang Medika yang diselenggarakan Suara Muslim Surabaya dengan tema ‘Mengenal Lebih Jauh Spesialis Prosthodontist’ bersama dengan drg. Malika Syamlan, Sp.Prost pada Sabtu (17/04).

Dalam siaran radio tersebut, drg. Malika menyampaikan, jika disimpulkan, seorang prosthodontist itu mengembalikan dan memelihara fungsi rongga mulut sehingga pasien bisa merasa nyaman dan lebih percaya diri dengan penampilannya. Prosthodontist lebih ke arah menangani mahkota gigi, jembatan gigi, gigi palsu, dan lain sebagainya.

Lantas apa perbedaan dokter gigi spesialis prosthodontist dengan dokter gigi umum? kapan harus ke dokter gigi umum dan kapan harus ke dokter gigi spesialis prosthodontist?

Dokter Malika mengungkapkan, bahwa pasien dianjurkan ke dokter gigi umum jika memerlukan perawatan gigi secara rutin dan teratur. Sedangkan jika pasien mengalami permasalahan pada gigi yang kompleks dan membutuhkan penanganan yang khusus seperti penggantian gigi hilang, baik satu atau keseluruhan gigi, maka perlu datang ke spesialis prosthodontist.

“Misalnya pasien kehilangan gigi, baik satu maupun sederet yang bawah saja, bisa juga kehilangan gigi karena lubang atau retak. Kemudian selain karena kelainan gigi, juga karena adanya kelainan sendi rahang, misalnya ketika membuka mulut sakit, atau tidak bisa membuka mulut, maka perlu ke dokter gigi spesialis prosthodontist,” jelas drg. Malika.

Selain itu, kasus kelainan bentuk gigi yang menyebabkan senyum menjadi tidak proposional, maupun kondisi penyakit mulut bawaan seperti ada celah-celah pada langit-langit mulut atau adanya cacat mulut setelah operasi kanker mulut, maka dapat mengunjungi dokter gigi spesialis prosthodontist.

Dengan demikian, jika pasien mengeluhkan beberapa hal yang telah diterangkan drg. Malika, maka dapat berkonsultasi dan memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Prosthodontist di RS Al Irsyad Surabaya dengan jadwal praktik hari Selasa dan Sabtu pukul 13.00-15.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat