Bincang Medika, Mengenal RS Al Irsyad Surabaya Lebih Dalam

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Perkembangan layanan di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya mengalami perjalanan yang cukup menarik untuk diulas. Terdapat nilai sejarah dalam proses pendiriannya, hingga kini menjadi salah satu rumah sakit swasta yang mengalami perkembangan cukup pesat serta menjunjung tinggi nilai Islami dalam pelayanan kesehatannya.

Wakil Direktur Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dr Iwah Prestiono menyampaikan bahwa awal berdirinya Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya merupakan sebuah klinik yang didominasi dengan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) sekaligus UGD pada tahun 1978.

Dan dalam perkembangannya, setelah para pendiri menerima hibah bangungan rumah untuk dijadikan sebuah rumah sakit, pada tahun 1993 pun Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya melebarkan sayap membangun wing utara. Dan setelahnya pada tahun 2003, Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya berkembang dengan membangun wing selatan.

“Sekilas jika dilihat dari atas, bangunan akan tampak membentuk lafadz Allah,” ujarnya dalam siaran radio bersama Suara Muslim Surabaya pada Sabtu (26/6).

Sementara itu, dr. Iwah pun menyebutkan visi dan misi rumah sakit yang berada di Jalan KH Mas Mansyur nomor 210-214, yakni memiliki visi menjadi rumah sakit Islami yang memiliki mutu pelayanan kepada keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan.

“Dan kita juga memiliki misi untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang profesional sesuai dengan kaidah-kaidah Islam dan mementingkan keselamatan petugas maupun pengunjung, terutama dalam kondisi pandemi saat ini,” terangnya.

Kedua, memberikan pelayanan terbaik kepada semua lapisan masyarakat dengan tetap menjaga kemandirian ekonomi. Jadi Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya akan senantiasa membantu masyarakat yang kurang mampu dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Ketiga, mengembangkan sumber daya yang dimiliki secara berkesinambungan dalam mencapai visi. Dan keempat, membangun lingkungan kerja Islami yang mendukung semangat kebersamaan serta tim kerja yang berkualitas.

Sedangkan untuk moto, Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya memiliki moto “Layananku adalah Ibadahku” yang bermuatan mengenai bagaimana memberikan pelayanan harus dengan hati dan ikhlas, supaya dalam melayani hanya ingat akan satu hal, yaitu pahala yang dapat diraih dengan menganggap pelayanan adalah ibadah mereka. Sesuai dengan surat Al Maidah ayat 32, barangsiapa menyelamatkan satu jiwa, maka seakan mereka telah menyelamatkan seluruh umat di dunia.

Proses Menarik

Dokter Iwah pun mengungkapkan, ada salah satu proses menarik dalam perkembangan rumah sakit, yakni ketika pada 2006, Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya menjadi rumah sakit swasta pertama di Jawa Timur yang menerima ASKESKIN.

“Pada masa itu pun, yang menarik adalah RS mendapatkan bantuan dari Al Irsyad Jakarta berupa alat hemodialisis atau cuci darah untuk membantu masyarakat yang memiliki masalah pada ginjalnya. Dan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya pada saat itu menjadi rumah sakit swasta pertama yang melayani hemodialisis, apalagi untuk mesyarakat yang menerima ASKESKIN,” jelasnya.

Pesatnya perkembangan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya ini juga ditandai dengan adanya pelayanan ortopedi terbaik dengan dokter ahli di bidang ortopedi sekaligus peralatan penunjang medik.

“Pelayanan Ortopedi di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Timur, bahkan kami sudah menjalin kerja sama dengan KONI Jatim untuk kesehatan para atlet. Selain itu, kami juga telah memiliki ruang operasi dengan dilengkapi alat-alat yang mumpuni, jadi untuk operasi-operasi sulit seperti ganti sendi atau tentang sport injury dapat dilakukan di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, tanpa harus ke luar negeri,” ungkap dr. Iwah.

Untuk ke depannya, dr. Iwah juga menyampaikan, ada jembatan penghubung antara gedung lama dan gedung baru di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya yang saat ini tengah proses pembangunan, sehingga pasien maupun tenaga kesehatan tak perlu alami risiko tinggi dengan melewati jalan yang cukup padat. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat