Berkumur Air Garam Jadi Pertolongan Pertama Ibu Hamil Sakit Gigi di Tengah Pandemi

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Para ibu hamil yang mungkin mengalami sakit gigi di tengah pandemi COVID-19 mungkin mengalami kekhawatiran untuk berkonsultasi ke dokter. Sebelum memutuskan menemui dokter, ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk setidaknya mengurangi rasa nyeri.

Kondisi hamil membuat para calon ibu biasanya akan menahan tidak minum obat. Untuk itu, ketika mengalami sakit gigi, ibu hamil bisa melakukan konsultasi online. Kalau tidak, ibu hamil bisa berkumur air garam.

Takaran air garam yang digunakan, yakni dalam gelas berukuran 200-250 cc, lalu masukkan 1/2 sendok teh garam. Penggunaan air hangat dalam hal ini disarankan agar garam lebih mudah larut ketika diaduk. Setelah air garam jadi, gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Jika memang saat sakit gigi, ibu hamil membutuhkan obat, ibu hamil bisa meminum paracetamol karena cenderung aman.

Untuk menjaga kebersihan gigi, sebaiknya jangan menyikat gigi terlalu ke dalam mulut karena ibu hamil cenderung mudah mual. Setelahnya, bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

Sikat gigi hanya menghilangkan 30-53 persen plak. Oleh karena itu, dalam perawatan membersihkan gigi harus dilengkapi teknik menyikat lidah, flossing, dan berkumur untuk menghilangkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

Ibu hamil yang sering mengalami radang gusi karena hormonal pun disarankan untuk sementara tidak menggunakan mouth rinse, sehingga air garam menjadi solusi pertolongan pertama ibu hamil yang sakit gigi di masa pandemi.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat