Berbagai Manfaat Konsumsi Wortel, Salah Satu Sayuran Gizi Sempurna

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Salah satu sayuran dengan julukan asupan sehat bergizi sempurna adalah wortel. Sayuran ini pun memiliki banyak kandungan nutrisi sehingga manfaatnya pun beragam, misalnya meningkatkatkan kesehatan mata dan banyak lagi manfaat baik wortel bagi tubuh.

Wortel merupakan sumber serat alami dengan kandungan utama air dan karbohidrat. Satu wortel berukuran sedang mengandung dua gram serat. Dengan mengonsumsi wortel takkan membuat gula darah melonjak, sebab wortel termasuk dalam deretan makanan dengan indeks glikemik rendah.

Ahli Gizi RS Al Irsyad Surabaya, Nur Ulfah, A.Md. Gz, menyampaikan jika wortel mengandung berbagai kandungan, antara lain vitamin, mineral, antioksidan dan senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Beberapa senyawa tumbuhan yang penting bagi kesehatan tubuh manusia yang dikandung oleh Wortel diantaranya seperti Beta-Karoten, Alpha-Karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene dan Anthocyanin.

Selain itu, wortel juga mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin B6, senyawa antioksidan beta karoten, alpha-karoten, lutein, likopen, hingga antosianin.

Ulfah, panggilan akrabnya menyampaikan jika mengonsumsi wortel memiliki beberapa manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh, yaitu menjaga kesehatan mata, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengatasi sembelit dan menurunkan risiko penyakit kanker.

“Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara, kita dapat memakannya langsung tanpa diolah lebih lanjut (dimakan segar) ataupun dibuat menjadi jus wortel serta dimasak untuk dijadikan hidangan yang enak dan bergizi,” terangnya.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan wortel, antara lain:

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada wortel bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Satu wotel berukuran besar dapat mencukupi kebutuhan vitamin A. Selain itu, adanya antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin dalam wortel juga menunjang kesehatan mata. Dua senyawa ini bisa melindungi retina dan lensa mata.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa perempuan yang makan lebih dari dua porsi wortel per minggu akan jarang terkena glaukoma. Untuk mendapatkan manfaat wortel bagi kesehatan mata, bisa mengonsumsinya dalam kondisi mentah sebagai jus maupun sebagai campuran masakan.

Menyeimbangkan Gula Darah

Melansir dari Kompas, serat larut dalam wortel terbukti dapat membantu mengatur kadar gula darah, insulin, dan mendukung kesehatan pencernaan. Wortel mentah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang wortel yang dimasak. Wortel mentah dapat memberikan pasokan energi lebih stabil, terutama bagi pemilik masalah gula darah tinggi atau penderita diabetes.

Menjaga Berat Badan

Wortel baik untuk mejaga berat badan, sebab termasuk sayuran rendah kalori dan tinggi kandungan serat dan air. Satu cangkir wortel yang dipotong-potong jumlah kalorinya hanya 52 kkal. Asupan ini tepat dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet rendah kalori. Selain itu, studi juga menunjukkan, serat larut dalam wortel dapat mengikat lemak di perut.

Berpotensi Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam wortel berpotensi menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Di antaranya kanker paru-paru, usus besar, prostat, dan leukemia. Studi di American Journal of Clinical Nutrition menyebut, orang yang rajin makan asupan mengandung antioksidan karotenoid, risiko terkena kanker paru-paru turun 21 persen.

Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Kalium dalam wortel memainkan peran penting dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Mineral ini dapat menjaga tekanan darah dengan cara menyeimbangkan kadar natrium dan cairan di dalam tubuh. Wortel baik dikonsumsi saat ingin menghilangkan lemak dan natrium setelah mengonsumsi asupan asin.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian di Belanda mengamati kontribusi buah dan sayuran berwarna cerah dalam melindungi jantung. Hasilnya, makan buah dan sayur berwarna oranye sebanyak 25 gram per hari dapat menyehatkan jantung. Terutama rutin mengonsumsi wortel dapat menurunkan risiko penyakit jantung sampai 32 persen.

Inilah beragam manfaat dari wortel yang baik bagi kesehatan tubuh. Tak perlu ragu lagi untuk menjadikan makanan sehat ini sebagai camilan atau sayuran favorit sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat