Beragam Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Oatmeal atau havermut dikenal sebagai makanan sehat sumber karbohidrat yang memiliki kandungan serat tinggi. 

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, oatmeal berasal dari tumbuhan oat yang masuk dalam keluarga tumbuhan serelia sama seperti gandum.

Oat memiliki kandungan serat tinggi karena masih memiliki lapisan kulit ari serta bakal biji.

Pengolahan oat menjadi groats atau bulir oat utuh, lalu dipanggang pada suhu rendah juga akan mengaktifkan enzim-enzim yang ada dalam oati yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Semangkok oat yang telah dimasak memiliki kandungan 145 kalori yang terdiri dari 15 persen lemak, 69 persen karbohidrat, 6 persen protein, dan lain-lain.

Oat sendiri memiliki kandungan lebih dari 50 nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Nutrisi yang terkandung dalam oat di antaranya, karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi. 

Karbohidrat yang terkandung di dalam oat sebagian besar berasal dari tepung halus atau pati. Oat juga memiliki kandungan serat unik yang bernama beta-glucan.

Serat inilah yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat, gula, dan mengatur insulin dalam darah. Selain kaya serat, vitamin dan mineral,  oat juga mengandung antioksidan.

Dengan kandungan nutrisi yang banyak tersebut, jelas mengonsumsi oat akan mendatangkan banyak manfaat, antara lain menjaga berat badan, menurunkan kadar kolesterol darah, menstabilkan gula darah dan melancarkan pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh.  (Sdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat